Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple "Buang" Google Maps di iOS6?

Kompas.com - 15/05/2012, 17:39 WIB

KOMPAS.com - Meski selalu bersaing, Apple telah sejak lama menggunakan peta dan teknologi Google pada software mapping dan navigasi buatannya.

Namun, "kemesraan" ini sepertinya akan segera berakhir. Karena, Apple dikabarkan akan "membuang" Google Maps dari sistem operasi mobile Apple terbaru, iOS 6.

Situs teknologi PC World melaporkan bahwa Apple kemungkinan akan memakai peta buatan sendiri.

Teknologi yang untuk sementara disebut sebagai "Maps" ini dikatakan akan memiliki antarmuka yang mirip dengan aplikasi Google Maps pada iPhone, iPad, dan iPod touch.

Selain itu, peta baru Apple ini akan dilengkapi dengan teknologi tampilan 3D dari C3 Technologies yang diakuisisi Apple tahun lalu.

Sebelum bergabung dengan Apple, C3 Technologies berada di bawah perusahaan pertahanan dan keamanan asal Swedia, Saab AB.

Perusahaan ini menggunakan metode pelacakan rudal yang sebelumnya dirahasiakan untuk membuat tampilan model 3D yang realistik dan akurat, mulai dari  gedung-gedung tinggi hingga jembatan flyover yang melintangi jalan.

Sistem operasi iOS 6 kemungkinan akan diluncurkan event tahunan Apple, World Wide Developers Conference yang akan digelar pada pertengahan Juni ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com