Kompas.com - 15/05/2012, 17:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Meski selalu bersaing, Apple telah sejak lama menggunakan peta dan teknologi Google pada software mapping dan navigasi buatannya.

Namun, "kemesraan" ini sepertinya akan segera berakhir. Karena, Apple dikabarkan akan "membuang" Google Maps dari sistem operasi mobile Apple terbaru, iOS 6.

Situs teknologi PC World melaporkan bahwa Apple kemungkinan akan memakai peta buatan sendiri.

Teknologi yang untuk sementara disebut sebagai "Maps" ini dikatakan akan memiliki antarmuka yang mirip dengan aplikasi Google Maps pada iPhone, iPad, dan iPod touch.

Selain itu, peta baru Apple ini akan dilengkapi dengan teknologi tampilan 3D dari C3 Technologies yang diakuisisi Apple tahun lalu.

Sebelum bergabung dengan Apple, C3 Technologies berada di bawah perusahaan pertahanan dan keamanan asal Swedia, Saab AB.

Perusahaan ini menggunakan metode pelacakan rudal yang sebelumnya dirahasiakan untuk membuat tampilan model 3D yang realistik dan akurat, mulai dari  gedung-gedung tinggi hingga jembatan flyover yang melintangi jalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem operasi iOS 6 kemungkinan akan diluncurkan event tahunan Apple, World Wide Developers Conference yang akan digelar pada pertengahan Juni ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.