Bos Microsoft "Dinobatkan" sebagai CEO Terburuk

Kompas.com - 16/05/2012, 09:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — CEO Microsoft Steve Ballmer, menurut majalah Forbes, dinilai sebagai salah satu CEO terburuk yang memimpin perusahaan publik di Amerika Serikat.

Selain Ballmer, ada pula CEO AS lain yang dinilai buruk oleh Forbes, yakni CEO Cisco, General Electric (GE), WalMart, dan Sears.

Forbes menyoroti kinerja Ballmer yang tidak mengindahkan peluang bisnis perangkat mobile yang sebenarnya berkembang pesat dan menguntungkan. Microsoft mengabaikan bisnis smartphone dan tablet sehingga tertinggal jauh dari iOS milik Apple dan Android dari Google.

"Setelah membuang Zune, mengabaikan tablet, Windows CE, dan produk mobile lainnya, Microsoft masih dikuasai Ballmer selama lebih dari satu dekade. Microsoft adalah perusahaan PC, tidak lebih, padahal permintaan PC mulai bergeser ke mobile," ujar kontributor Forbes, Adam Hartung.

Menurutnya, Microsoft membutuhkan CEO yang memahami langkah cepat perubahan teknologi dan akan mengerti tren pasar.

Ketika Ballmer mulai memimpin Microsoft pada 2000, harga saham perusahaan perangkat lunak raksasa ini mencapai 60 dollar AS per lembar saham. Dua tahun kemudian harga saham itu anjlok menjadi 20 dollar AS per lembar, dan sejauh ini paling tinggi hanya menginjak 30 dollar AS per lembar.

Namun, ada sisi positif lain sejak Microsoft dinakhodai Ballmer. Microsoft sukses mengembangkan perangkat sensor gerak Kinect yang mampu mendeteksi gerakan, dan Xbox yang masuk kategori konsol game laris untuk bersaing dengan Sony PlayStation dan Nintendo Wii.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.