Prosesor

Rilis Trinity, AMD Siap Saingi 'Ivy Bridge' Besutan Intel

Kompas.com - 16/05/2012, 10:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah sibuk dengan pengembangannya, AMD kini telah memiliki prosesor generasi kedua yang mengutamakan konsumsi daya rendah dan grafis terintegrasi yang bertenaga.

Prosesor A-Series APU (accelerated processing unit, gabungan dari CPU dan pengolah grafis) berkode nama "Trinity" tersebut  digadang-gadang menjadi lawan bagi prosesor seri "Ivy Bridge" dari Intel, rival utama AMD dalam  industri mikroprosesor.

Seperti Ivy Bridge, Trinity memiliki hingga empat inti prosesor dan dilengkapi dengan unit pemroses grafis terintegrasi. Unit grafis Trinity menggunakan arsitektur Northern Islands yang juga diimplementasikan pada  kartu grafis Radeon seri HD 6000 dari AMD.

Berkat pemroses grafis terintegrasi itu, AMD mengklaim bahwa Trinity mampu memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik pada pengguna.

"Trinity bisa memutar video HD 1080p, dan menjalankan game di angka 30 frame  per detik," ucap Sasa Markinkovic, kepala pemasaran produk desktop dan software AMD, seperti dikutip dari Cnet

Angka 30 frame per detik adalah standar minimal agar game bisa dijalankan dengan mulus."Ivy Bridge memang memberi kemajuan dalam hal olah grafis, tapi kinerjanya masih belum cukup untuk bermain game HD."

Adapun inti prosesor Trinity mengadopsi arsitektur "Piledriver" yang menggunakan teknologi penghematan daya  bernama "resonant clock mesh technology". Teknologi ini memungkinkan Trinity mendaur ulang sebagian energi listrik yang digunakannya selama beroperasi.

Hasilnya, konsumsi daya Trinity bisa ditekan hingga 17 watt, atau hanya  setengah dari angka yang dicatat pendahulunya, Llano. Karena hemat daya, baterai laptop yang menggunakan  prosesor inipun diklaim bisa bertahan sampai 12 jam.

Rencananya, produk-produk komputer yang menggunakan prosesor ini akan mulai dipasarkan bulan Juni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.