Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Komputer Mac, Trojan Siap Serang iPhone dan iPad

Kompas.com - 16/05/2012, 10:51 WIB

KOMPAS.com - Kaspersky Lab menemukan bahwa keamanan sistem operasi Mac OS yang digunakan komputer Apple ternyata sangat rentan terkena serangan, antara lain dari penjahat cyber dan malware/trojan.

Selain komputer Mac, target penyerangan selanjutnya adalah iPhone dan iPad.

Hal tersebut  dilaporkan oleh CTO Kaspersky, Nikolai Grebennikov, setelah perusahaannya melakukan analisis mendalam terhadap Mac OS X, seperti dikutip Kompas.com dari Slashgear.

Grebennikov mengatakan bahwa Apple belum cukup serius dalam urusan sekuriti dan dia mengkritik kelambatan produsen iMac dan MacBook tersebut dalam merespon ancaman keamanan.

Lebih lanjut, Grebennikov mengatakan bahwa platform berikutnya yang akan menjadi target adalah iOS.

Menurutnya, malware yang menyerang iPhone dan iPad akan muncul dalam waktu dekat. "Belajar dari pengalaman, kami rasa iOS akan mulai diserang malware dalam waktu satu tahun ke depan," ujarnya.

Baru-baru ini sistem operasi Mac OS menjadi target para pembuat malware. Contoh kasus terbaru serangan terhadap platform milik Apple ini melibatkan trojan Flashback yang menginfeksi ratusan ribu komputer Mac.

Hingga saat ini, jumlah komputer dengan Mac OS yang terinfeksi trojan Flashback masih banyak, meskipun Apple sudah menyediakan dua patch yang bisa diunduh untuk mengenyahkan malware tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com