Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aplikasi Windows Phone, "Anak Emas"-kan Lumia

Kompas.com - 16/05/2012, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Nokia mengumumkan bahwa smartphone keluarga Lumia yang berjalan dengan sistem operasi Windows Phone akan menerima beberapa aplikasi eksklusif.

Aplikasi eksklusif itu selama beberapa waktu ke depan tidak akan bisa dijalankan oleh ponsel Windows Phone besutan vendor lain.

Dalam acara konvensi CTIA Wireless International 2012, Selasa (15/5/2012), Nokia mengumumkan tiga aplikasi eksklusif untuk Lumia.

Pertama, aplikasi PGA Tour yang menampilkan peristiwa dan interaktif seputar olahraga golf profesional di Amerika. Aplikasi yang dikembangkan bersama Nokia ini akan diluncurkan bulan Juni dan eksklusif untuk Lumia selama setahun hingga Juni 2013.

Aplikasi kedua yang akan eksklusif untuk Lumia adalah ESPN Fantasy Football. Aplikasi ini telah lama dinanti oleh pengguna Windows Phone, apalagi untuk mereka yang gemar sepakbola. ESPN Fantasy Footbal akan eksklusif untuk Lumia sampai Mei 2013.

Ketiga adalah aplikasi yang menawarkan harga diskon dari Groupon. Groupon akan meluncurkan aplikasi yang tampilannya diubah khusus untuk Lumia. Aplikasi ini akan menggunakan teknologi Augmented Reality dan eksklusif selama 6 bulan pertama sejak peluncuran untuk Lumia.

Tak hanya itu, pembuat game populer Angry Birds, Rovio, telah mengumumkan kerjasamanya dengan Nokia untuk mengembangkan game baru khusus untuk Lumia. Ini adalah pertama kalinya kedua perusahaan asal Espoo, Finlandia itu, mengumumkan kerjasama konten eksklusif.

Nokia memang berjuang keras agar Windows Phone dapat memikat perhatian konsumen. Perusahaan yang dipimpin oleh Stephen Elop ini rela membagikan 17 ribu unit Lumia kepada pengembang aplikasi agar tercipta ekosistem Windows Phone yang kuat.

Microsoft sebagai empunya Windows Phone pun mengizinkan eksklusivitas itu karena antara keduanya terikat kerjasama yang "mesra."

Nokia sebelumnya telah menghadirkan beberapa aplikasi eksklusif di Lumia, yakni aplikasi pemetaan Nokia Maps, aplikasi pemandu jalan Nokia Drive, dan Nokia Music yang berguna untuk mengunduh lagu gratis namun resmi.

Semua aplikasi itu hingga kini tidak tersedia di toko aplikasi online Marketplace dari Windows Phone besutan vendor lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com