Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Jepang Bikin Cermin dengan OS Android

Kompas.com - 16/05/2012, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi Android digunakan di berbagai jenis alat. Kini giliran cermin dipasangi OS buatan Google itu.

Cermin Android memungkinkan pengguna membaca berita dan informasi cuaca sambil mencuci tangan di wastafel.

Seperti dilaporkan oleh The Verge, perusahaan asal Jepang, Seraku, sedang mengembangkan cermin yang dilengkapi dengan OS Android. Alat tersebut diperlihatkan pada pengunjung pameran Smartphone & Mobile Expo, Tokyo, 9-11 Mei lalu.

Perangkat yang masih berupa prototipe ini menggunakan sebuah monitor LCD yang dilapisi cermin semi-transparan. Monitor itu terhubung ke tablet Android tersembunyi. Sekilas terdengar mirip dengan Smart Window dari Samsung, tetapi bukan berfungsi sebagai jendela melainkan cermin.

Untungnya, pengguna tak perlu menyentuh layar dengan tangan basah karena cermin Android tersebut dilengkapi sensor jarak berbasis gelombang radio (RF). Pengguna dapat berinteraksi dengan cermin melalui gerakan-gerakan tangan.

Sebuah pemantau suhu turut ditanamkan. Informasi aliran dan suhu air dapat dilihat pada cermin.

Meski produk ini belum siap dipasarkan, perusahaan pembuatnya berniat memasang cermin Android di tempat-tempat seperti salon di mana pelanggan bisa membaca berita di cermin sembari menunggu rambut ditata.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com