Perusahaan Jepang Bikin Cermin dengan OS Android

Kompas.com - 16/05/2012, 12:05 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sistem operasi Android digunakan di berbagai jenis alat. Kini giliran cermin dipasangi OS buatan Google itu.

Cermin Android memungkinkan pengguna membaca berita dan informasi cuaca sambil mencuci tangan di wastafel.

Seperti dilaporkan oleh The Verge, perusahaan asal Jepang, Seraku, sedang mengembangkan cermin yang dilengkapi dengan OS Android. Alat tersebut diperlihatkan pada pengunjung pameran Smartphone & Mobile Expo, Tokyo, 9-11 Mei lalu.

Perangkat yang masih berupa prototipe ini menggunakan sebuah monitor LCD yang dilapisi cermin semi-transparan. Monitor itu terhubung ke tablet Android tersembunyi. Sekilas terdengar mirip dengan Smart Window dari Samsung, tetapi bukan berfungsi sebagai jendela melainkan cermin.

Untungnya, pengguna tak perlu menyentuh layar dengan tangan basah karena cermin Android tersebut dilengkapi sensor jarak berbasis gelombang radio (RF). Pengguna dapat berinteraksi dengan cermin melalui gerakan-gerakan tangan.

Sebuah pemantau suhu turut ditanamkan. Informasi aliran dan suhu air dapat dilihat pada cermin.

Meski produk ini belum siap dipasarkan, perusahaan pembuatnya berniat memasang cermin Android di tempat-tempat seperti salon di mana pelanggan bisa membaca berita di cermin sembari menunggu rambut ditata.  

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.