Sikremut, Aplikasi Android Wajib untuk Pengguna KRL

Kompas.com - 16/05/2012, 14:22 WIB
EditorReza Wahyudi

Oleh: Firman Nugraha*

Untuk yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pasti banyak yang suka menggunakan transportasi kereta KRL. Saya sendiri termasuk salah satu pengguna setia layanan kereta KRL Jabodetabek, yang biasa disebut Commuter Line, karena murah dan cepat walaupun kadang-kadang tidak nyaman.

Nah, jika sering menggunakan layanan kereta KRL, pasti urusan jadwal kereta dan stasiun terdekat yang dapat kita kunjungi menjadi informasi yang penting.

Untungnya sekarang untuk pengguna ponsel berbasis Android ada aplikasi Sikremut yang menyediakan informasi seputar kereta KRL.

Sebetulnya sudah ada sebelumnya aplikasi seputar kereta KRL Jabodetabek, yaitu Komutta. Namun aplikasi tersebut hanya menawarkan fitur jadwal kereta. Untuk mereka yang ingin fitur lebih, Sikremut menyediakan fitur yang lebih lengkap lagi, yaitu sebagai berikut:

  • Peta stasiun, pengguna dapat melihat seluruh stasiun kereta KRL Jabodetabek beserta jalur keretanya.
  • Stasiun terdekat, pengguna dapat diberikan informasi tentang stasiun lokasinya dekat dengan pengguna dan pengguna juga akan ditunjukkan jalur yang dapat dilewati untuk menuju stasiun tersebut.
    Ini adalah fitur yang sangat berguna menurut saya apalagi jika kita berada di lokasi baru yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.
  • Alarm penanda, pengguna bisa mengeset stasiun mana yang akan dikunjungi dan aplikasi Sikremut akan secara otomatis akan membunyikan alarm jika posisi pengguna sudah dekat dengan stasiun tersebut
  • Jadwal kereta, pengguna dapat melihat jadwal lengkap kereta KRL jabodetabek. Sayangnya untuk saat ini tidak ada filter untuk jurusan kereta.
  • Catatan singkat, pengguna dapat membuat catatan singkat di aplikasi ini untuk mencatat beberapa info penting seperti harga karcis kereta dan lainnya.
  • Sikremut dapat di-download secara gratis untuk seluruh pengguna ponsel berbasis Android versi 2.2 ke atas. Aplikasinya masih versi pertama jadi wajar jika masih ada beberapa kekurangan.
    Salah satu kekurangan yang saya temui adalah antar muka penggunanya yang masih relatif kurang bagus menurut saya.

Satu fitur yang saya rekomendasikan untuk versi berikutnya dari aplikasi ini adalah fitur status kereta secara real-time.

Pengguna setia kereta KRL Jabodetabek pasti tahu kalo kereta di Indonesia suka telat atau bahkan lebih parah lagi ada gangguan kereta yang dapat menyebabkan keterlambatan perjalanan hingga berjam-jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, untuk men-download aplikasi Sikremut ini, pembaca dapat mencarinya di Google Play atau dengan mengklik link ini.

*Firman Nugraha adalah co-founder, lead editor, dan writer di situs teknologi Tekno Jurnal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.