Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENAWARAN PERDANA

Facebook Tambah Saham Publik

Kompas.com - 18/05/2012, 02:55 WIB

NEW YORK, Kamis - Saham jejaring sosial Facebook akan mulai diperdagangkan di bursa Nasdaq, Jumat (18/5) waktu setempat. Facebook akan menggunakan kode saham FB.

Dalam laporannya kepada pengawas pasar modal AS (SEC), manajemen Facebook menaikkan jumlah saham yang hendak dilepaskan, dari rencana 337 juta saham menjadi 421 juta saham. Ada kenaikan sebesar 25 persen dari rencana semula mengingat tingginya permintaan.

Kenaikan porsi penjualan saham ini mengikuti kenaikan kisaran harga saham dari 28-35 dollar AS (Rp 258.000-Rp 323.000) menjadi 34-38 dollar AS atau Rp 314.000-Rp 351.000 per lembar saham.

Jika semua saham yang ditawarkan terjual dengan harga tertinggi, Facebook dapat meraup dana sebesar 18,4 miliar dollar AS, dan menjadi penawaran saham terbesar yang pernah ada. Penjualan saham perdana (initial public offering/IPO) Facebook adalah yang ”terpanas” pada dekade ini. Nilai total Facebook mencapai 100 miliar dollar AS.

Ramai-ramai lepas saham

Tambahan penjualan saham itu berasal dari para pemegang saham Facebook saat ini. Penambahan terbesar berasal dari firma investasi DST Global dan Tiger Global. Goldman Sachs juga menggandakan saham yang mereka lepas. Direksi Facebook Peter Thiel dan James Breyer juga menjual saham lebih banyak lagi. Sementara itu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, tak meningkatkan jumlah yang dia jual.

Dengan adanya perubahan tersebut, berarti ada 57 persen saham yang dilepaskan kepada publik yang berasal dari saham milik pemegang saham saat ini, bukan dari perusahaan. Selain Zuckerberg dan rekan-rekannya, saat ini saham Facebook dimiliki beberapa pihak, antara lain Microsoft dan taipan Hongkong, Li Ka-shing.

Persentase pelepasan saham dari pemegang saham yang sebesar 57 persen tersebut termasuk sangat tinggi. Sebagai perbandingan, ketika saham Google Inc dilepas ke publik, pemegang saham saat itu hanya melepaskan 28 persen saja. Ketika Yahoo Inc dan Amazon.com go publik, tidak ada pemegang saham awal yang melepaskan sahamnya.

Penambahan penjualan saham ke publik ini ditanggapi beragam. Beberapa investor menyambut baik tambahan tersebut. Namun, investor lain justru khawatir. Mereka menyatakan, semakin banyak saham yang dilepaskan mengindikasikan bahwa ini merupakan saat yang tepat untuk mengambil keuntungan.

Pengguna Facebook sudah mencapai 900 juta orang, yang setidaknya masuk ke laman Facebook satu kali dalam satu bulan. Walaupun demikian, para pemasang iklan mengeluh tidak dapat meraup keuntungan dari para pengguna Facebook.(AP/AFP/Reuters/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com