Google Chrome Bakal Tersedia di iOS

Kompas.com - 18/05/2012, 17:12 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Dalam waktu dekat, para pengguna iPhone, iPod Touch, dan iPad bisa menjelajah internet dengan Chrome, browser buatan Google yang sejauh ini baru tersedia untuk plaform mobile berbasis Android.

Seperti dilaporkan oleh Tech Source, Apple saat ini sedang menguji kode perangkat lunak dari browser Chrome versi iOS yang dikirimkan oleh Google.

Masih belum ada informasi pasti mengenai waktu peluncuran browser Chrome untuk iOS tersebut, tetapi diperkirakan dalam waktu dekat, kemungkinan di kuartal kedua 2012.

Apabila benar diluncurkan, Chrome akan menjadi saingan berat Safari, browser yang dipakai oleh perangkat-perangkat mobile Apple. Popularitas Chrome di kalangan pengguna komputer desktop melampaui browser lainnya, seperti Firefox dan Safari.

Akan tetapi, Apple sudah memastikan bahwa browser Safari miliknya akan tetap dipakai oleh pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch. Aplikasi pihak ketiga seperti Google Chrome tidak diizinkan menjadi program default dalam membuka dokumen atau tautan dalam iOS. Akibatnya, saat membuka link internet, aplikasi yang akan aktif adalah Safari, bukan browser lain.

Cara serupa pernah dilakukan oleh Microsoft di akhir dekade 1990-an dengan memaketkan Internet Explorer (IE) sebagai browser standar Windows. Hal tersebut berdampak buruk pada saingan utama IE saat itu, Netscape Navigator.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.