Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Chrome Bakal Tersedia di iOS

Kompas.com - 18/05/2012, 17:12 WIB

KOMPAS.com — Dalam waktu dekat, para pengguna iPhone, iPod Touch, dan iPad bisa menjelajah internet dengan Chrome, browser buatan Google yang sejauh ini baru tersedia untuk plaform mobile berbasis Android.

Seperti dilaporkan oleh Tech Source, Apple saat ini sedang menguji kode perangkat lunak dari browser Chrome versi iOS yang dikirimkan oleh Google.

Masih belum ada informasi pasti mengenai waktu peluncuran browser Chrome untuk iOS tersebut, tetapi diperkirakan dalam waktu dekat, kemungkinan di kuartal kedua 2012.

Apabila benar diluncurkan, Chrome akan menjadi saingan berat Safari, browser yang dipakai oleh perangkat-perangkat mobile Apple. Popularitas Chrome di kalangan pengguna komputer desktop melampaui browser lainnya, seperti Firefox dan Safari.

Akan tetapi, Apple sudah memastikan bahwa browser Safari miliknya akan tetap dipakai oleh pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch. Aplikasi pihak ketiga seperti Google Chrome tidak diizinkan menjadi program default dalam membuka dokumen atau tautan dalam iOS. Akibatnya, saat membuka link internet, aplikasi yang akan aktif adalah Safari, bukan browser lain.

Cara serupa pernah dilakukan oleh Microsoft di akhir dekade 1990-an dengan memaketkan Internet Explorer (IE) sebagai browser standar Windows. Hal tersebut berdampak buruk pada saingan utama IE saat itu, Netscape Navigator.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com