Alibaba Ambil Alih Sahamnya dari Yahoo

Kompas.com - 21/05/2012, 11:03 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce terbesar China, Alibaba Group Holding Ltd, akhirnya sepakat membeli kembali (buyback) 20% sahamnya dari tangan Yahoo!. Nilai transaksi itu mencapai sekitar 7,1 miliar dollar AS.

Pembelian itu menggunakan sebagian dana tunai. Yahoo! akan memperoleh dana tunai sedikitnya 6,3 miliar dollar AS dan sisanya sebesar 800 juta dollar AS dalam bentuk saham preferensi.

Dalam rilisnya, Senin (21/5), Alibaba juga berharap bisa membeli 25% saham Yahoo!. Nilai transaksi itu bila dihitung dari harga dasar saham Yahoo! mencapai sebesar 35 miliar dollar AS.

Alibaba adalah rekanan Yahoo di China. Sebelumnya, sebanyak 40 persen sahamnya dimiliki oleh Yahoo.

Alibaba telah berusaha membeli kembali saham tersebut lebih dari setahun yang lalu. Sejak September 2011 lalu, perusahaan e-commerce terbesar di China ini telah menggenjot usaha untuk membeli saham tersebut seiring dengan kinerjanya yang membaik.

Para analis menyambut positif transaksi ini. Mereka menilai, dana segar ini akan membantu Yahoo! bersaing kembali dengan Google Inc. dan Facebook Inc.

"Dana ini akan membantu Yahoo! untuk menghadapi tantangan dalam bisnisnya," kata Jim Tang, analis teknologi Shenyin Wanguo Securities di Shanghai, Senin (21/5). (KONTAN/Edy Chan)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.