Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"iPad Mini" Rp 2 Jutaan Segera Diproduksi?

Kompas.com - 21/05/2012, 17:43 WIB

KOMPAS.com - Perangkat tablet Apple dengan ukuran layar yang lebih kecil atau sering disebut dengan "iPad Mini" cukup ramai digosipkan dalam beberapa bulan terakhir.

Baru-baru ini  terdengar kabar bahwa komponen-komponen yang diperlukan untuk membuat tablet yang menurut informasi akan memiliki ukuran layar 7,85 inci ini sedang dipersiapkan.

Situs teknologi Ubergizmo melaporkan bahwa beberapa pemasok komponen sudah memasuki persiapan tahap awal produksi. LG dan AU Electronics telah menerima sertifikasi untuk membuat layar yang akan digunakan pada "iPad Mini".

Kabar lain menyebutkan bahwa TPK Holding akan membuat 4 juta modul "backlight" untuk perangkat ini. Dua juta modul "backlight" lainnya akan dibuat oleh Chemi Innolux, sementara layar sentuh dengan teknologi thin-film akan dibuat oleh Nissha Printing.

Layar "thin-film" konon memungkinkan "iPad Mini" dbuat dengan bentuk lebih tipis dari saudara-saudaranya sesama tablet Apple.

Satu sumber bahkan mengatakan bahwa pabrik rekanan Apple di China, Foxconn dan Pegatron, sudah mulai memproduksi "iPad Mini".

Berdasarkan rumor-rumor yang beredar sebelumnya, "iPad Mini" adalah versi lebih kecil dari perangkat iPad yang sudah diproduksi Apple sebanyak tiga generasi. Rancang betuknya dikabarkan tidak akan mengalami perubahan.

Spesifikasi final dari perangkat ini masih simpang siur. Beberapa sumber menyebutkan bahwa "iPad Mini" akan dilengkapi dengan layar Retina Display, seperti pada iPhone 4/4S dan iPad generasi ketiga. Spesifikasi lain termasuk memori internal sebesar 8 GB.

Berita bagusnya, "iPad Mini' disebutkan bakal dibanderol dengan harga sekitar 200 - 250 dollar AS atau Rp 1,8 juta - 2,3 juta rupiah sehingga bisa bersaing dengan perangkat-perangkat sejenis yang memiliki harga lebih murah dari iPad 9,7 inci.

Tanggal peluncuran masih belum pasti, tetapi disebutkan pada kuartal ketiga tahun ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com