Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft: Di China, Windows Phone Salip iPhone

Kompas.com - 21/05/2012, 18:17 WIB

KOMPAS.com - Dua bulan setelah peluncuran platform Windows Phone pertama di China melalui Nokia Lumia 800C dan 610C, Microsoft mengklaim bahwa angka penjualan ponsel berbasis Windows Phone sudah melewati iPhone bikinan Apple.

Seperti dikutip dari VR-Zone, Chief Operating Officer Microsoft untuk Keseluruhan Wilayah China  Michel van der Bel mengatakan bahwa Windows Mobile kini memiliki pangsa pasar di China sebesar 7 persen, atau sedikit lebih tinggi dari penguasaan pasar produk iPhone yang sebesar 6 persen.

Apabila terbukti benar, klaim tersebut sekaligus menunjukkan bahwa Apple mengalami kesulitan menjual produk di China, yang ditandai oleh penurunan pangsa pasar.

Antara Juli-September 2011, iPhone masih  menguasai 10,4 persen pangsa pasar di China. Angka tersebut turun menjadi 7,5 persen pada Oktober-Desember 2011 dan kini disinyalir mengalami penurunan lebih jauh menjadi 6 persen.

Dibanding Windows Phone Microsoft, platform milik Apple masih mempunyai kelebihan berupa toko aplikasi dengan jumlah koleksi judul yang luar biasa banyaknya.

Adapun smartphone Android masih merajai pasar ponsel pintar di negeri Tirai Bambu, dengan pangsa pasar sebanyak 69 persen. Toko aplikasi Android juga dilengkapi koleksi judul yang tak kalah banyak dibandingkan milik Apple.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com