Bos Apple Digelari CEO Bergaji Tertinggi

Kompas.com - 22/05/2012, 14:00 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — CEO Apple, Tim Cook, dinobatkan sebagai CEO dengan bayaran paling tinggi di Amerika Serikat tahun 2011.

Hasil dari sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Hay Group ini dirilis pertama kali oleh Wall Street Journal.

Saat menjabat pertama kali sebagai CEO Apple menggantikan Steve Jobs pada Agustus 2011, Cook mendapatkan paket gaji sebesar 378 juta dollar AS (sekitar Rp 3,5 triliun).

Hampir semua kompensasi untuk Cook berbentuk lembar saham (satu juta lembar) yang tersedia di bursa, dengan nilai yang berlaku pada saat itu. Diperkirakan jumlahnya mencapai 376,2 juta dollar AS.

Saham itu kini bernilai 539 juta dollar AS dan jumlah gaji Cook tersebut menjadi gaji tertinggi seorang CEO di AS sejak tahun 2006.

Meski besar, tampaknya sesama karyawan Apple tak ada yang terganggu dengan angka itu. Ini dibuktikan ketika Maret 2012 Cook dinobatkan sebagai CEO yang paling disukai versi situs web Glassdor.

Menyusul Cook, CEO lain yang mendapat bayaran paling tinggi adalah Larry Ellison, pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle. Sepanjang tahun 2011, Ellison memiliki jumlah gaji 67 juta dollar AS. Ellison juga menerima bonus sebesar 13,3 juta dollar AS dan opsi saham senilai 62,7 juta dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah Ellison, CEO lainnya yang bergaji paling tinggi di AS adalah Leslie Moonves, yang menerima 69,3 juta dollar AS, termasuk bonus tahunan sebesar 30 juta dollar AS.

Kemudian JC Penney, CEO Ron Johnson, yang memiliki gaji 53,3 juta dollar AS, yang sebagian besar merupakan saham terbatas. Dan, posisi kelima adalah Sanjay Jha, CEO Motorola Mobility, yang menerima kompensasi sebesar 46,6 juta dollar AS, yang sebagian besar adalah opsi saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.