Saham Facebook Anjlok, Mengapa?

Kompas.com - 22/05/2012, 16:00 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Setelah sempat menyentuh titik di atas 40 dollar per lembar, kinerja saham Facebook setelah pelemparan perdananya ke pasar ternyata tak begitu menggembirakan.

The Washington Post
melaporkan bahwa harga saham situs jejaring sosial terbesar ini melemah sebesar 4,2 poin atau turun 11 persen pada hari kedua perdagangan, Senin (21/5/2012) kemarin.

Harga per lembar ditutup pada posisi 34,03 dollar AS, lebih rendah dari harga perdana sebesar 38 dollar AS.

Penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) Facebook pada hari Jumat lalu diwarnai fluktuasi harga. Nilai saham sempat mencapai 45 dollar AS. Senin kemarin, harga dibuka pada posisi 10 persen lebih rendah daripada penutupan hari Jumat sebesar 38 dollar AS dan 23 sen.

Beberapa alasan ditengarai menjadi penyebab penurunan harga tersebut, antara lain krisis utang yang sedang membelit negara-negara Eropa.

IPO Facebook juga terjadi pada pekan saat kinerja pasar sedang memburuk, ketika indeks Standard & Poor’s 500 mencatat penurunan 4 persen.

Pada waktu yang sama, ketertarikan publik Amerika terhadap pasar saham terus berkurang. Investor telah menarik dana lebih dari 400 miliar dollar AS dari reksadana Amerika sejak 2008, sementara perbankan berusaha bersikap lebih konservatif dan berhati-hati dalam mengambil risiko akibat tekanan dari regulator finansial terkait krisis keuangan.

Selain itu, bursa saham Nasdaq mengalami kesalahan sistem pada hari Jumat ketika IPO Facebook dilakukan. Kesalahan sistem tersebut beberapa kali menyebabkan perintah beli dan jual saham tidak tereksekusi dan membuat perdangan saham Facebook mengalami delay selama setengah jam.

Facebook telah menyatakan kekecewaannya atas penanganan Nasdaq terhadap penawaran saham perdana tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.