Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Agama: FPI Boleh Nonton Konser Lady Gaga

Kompas.com - 22/05/2012, 20:59 WIB
Hindra Liauw

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Agama Suryadharma Ali berharap Front Pembela Islam tak melakukan tindakan kekerasan ataupun memboikot konser Lady Gaga bertajuk "The Born This Way Ball Tour" yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 3 Juni 2012.

Hal ini disampaikan Suryadharma terkait dengan kabar bahwa FPI telah membeli sekitar 150 tiket konser Lady Gaga. FPI mengatakan akan mengacau jika konser tersebut tetap dilaksanakan.

"Mudah-mudahan tidak mengancam, tidak memboikot, tidak melakukan tindakan kekerasan. Tetapi, barangkali mungkin saja ada keinginan menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana sesungguhnya konser itu. Itu kan boleh-boleh saja," kata Suryadharma kepada para wartawan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/5/2012).

Suryadharma mengatakan, Kementerian Agama tetap menyarankan Polri tidak memberikan izin penyelenggaraan konser Lady Gaga. Konser Lady Gaga, kata dia, sebaiknya dibatalkan. Sebelumnya, Polri mengatakan akan mengizinkan penyelenggaraan konser jika promotor Big Daddy Entertainment telah menerima rekomendasi dari Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia. "Saya selaku Menteri Agama dan Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pornografi memberikan saran kepada Kapolri agar tidak memberikan izin konser Lady Gaga. Ini saran," kata Suryadharma.

Ia menambahkan, pemerintah tengah berupaya mengembalikan jati diri dan moral bangsa yang dinilai merosot. Pemerintah bersama masyarakat perlu memikirkan bagaimana masyarakat tidak terpengaruh budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai di Indonesia. "Saya berharap masyarakat ikut membantu. Kita bisa menjaga bersama-sama. Jangan menantang suatu kegiatan yang sifatnya melanggar susila, moralitas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com