Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Windows 8 Tak Bisa Dijual Murah

Kompas.com - 23/05/2012, 12:47 WIB

KOMPAS.com  — Asa vendor-vendor tablet Windows 8 untuk bersaing dengan tablet Android atau Apple iPad sepertinya akan terhambat. Microsoft sebagai produsen Windows 8-lah yang menjadi kambing hitamnya.

Seperti yang dikutip dari The Next Web, Microsoft mematok harga cukup tinggi untuk sistem operasi Windows 8 yang rencananya akan digunakan di perangkat tablet. Harga Windows 8 khusus perangkat tablet akan dibanderol pada kisaran 90-100 dollar AS, atau hampir 1 juta rupiah.

Ini membuat para produsen  original equipment manufacturer (OEM) mengalami kesulitan memenuhi target harga 300-350 dollar AS atau 2,7-3,2 juta rupiah untuk tablet Windows 8  Runtime (RT) berukuran 10 inci dan  150-200 dollar AS atau 1,4-1,8 juta rupiah untuk tablet 7 inci.

Windows 8 RT adalah versi Windows 8 yang ditujukan untuk perangkat tablet berbasis ARM dengan antarmuka layar sentuh.

Pada komputer desktop atau laptop, harga software sistem operasi Windows jarang dipermasalahkan karena biasanya hanya sepersekian dari total harga yang dibayar oleh konsumen.

Di perangkat tablet, persentase perbandingan harga software dan perangkat hardware dalam kasus Windows 8 ini menjadi lebih besar.

Bila Microsoft menggratiskan Windows 8 RT, harga tablet 7 inci yang didesain untuk Windows 8 dapat ditekan hingga bisa bersaing dengan tablet Kindle Fire bikinan Amazon, yang dibanderol seharga  200 dollar  AS atau kurang dari 2 juta rupiah.

Pasaran tablet sendiri belakangan menunjukkan tren penurunan harga, yang antara lain dipicu oleh iPad 2 seharga  399 dollar  AS dari Apple. Para pembuat tablet Windows 8 harus menekan harga agar produknya bisa kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com