Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Luncurkan Fondasi Tablet "Quad Core" Rp 1,8 Juta

Kompas.com - 23/05/2012, 19:13 WIB

KOMPAS.com - Tren harga perangkat tablet semakin mengarah ke bawah alias semakin murah.

Setelah membuat kejutan dengan memperkenalkan tablet Android dengan System on Chip (SoC) Tegra 3 seharga Rp 2 jutaan pada ajang CES 2012 Januari lalu, Nvidia memperjelas konsep tablet murah yang diperkuat chip miliknya tersebut.

Dalam rapat tahunan investor Nvidia pekan lalu, raksasa chip pengolah grafis ini mengumumkan konsep tablet murah yang disebut dengan nama "Kai".

Platform "Kai" rencananya akan diperkuat dengan SoC Tegra 3 dan menjalankan sistem operasi Android 4.0 atau "Ice Cream Sandwich". Bagian paling menariknya, Nvidia mematok harga akhir tablet ini sebesar 199 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 juta.

Tegra 3 adalah chipset terbaru dari Nvidia yang memadukan CPU dengan empat inti (quad core) berkecepatan 1,4 GHz dengan unit pengolah grafis yang tiga kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

"Kai" kemungkinan adalah acuan dasar (reference design) untuk para pembuat tablet Android dalam membuat perangkat tablet seharga kurang dari 2 juta rupiah. Untuk mencapai level harga tersebut, Nvidia disinyalir akan memakai komponen-komponen murah dan layar dengan konsumsi daya rendah.

Chief Executive Nvidia, Jen-Hsun Huang menjanjikan tablet murah dengan SoC Tegra 3 akan mulai tersedia pada pertengahan tahun ini. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com