Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Lambat, "Aero" Dibuang dari Windows 8

Kompas.com - 24/05/2012, 07:54 WIB

KOMPAS.com  - Karena dianggap rakus sumber daya pengolah grafis, antarmuka "Aero" tak digunakan lagi di sistem operasi termutakhir Microsoft.

Setelah menghiasi antarmuka sistem operasi Windows Vista sejak tahun 2006, tampilan ala "Aero" yang mengedepankan unsur-unsur grafis transparan tak akan dipakai lagi di Windows 8.

Windows 8 yang masih berada dalam fase pengembangan akan memakai gaya tampilan (User Interface atau UI) "Metro" yang lebih simpel, seperti pada perangkat-perangkat mobile dengan Windows Phone-nya.

Karena banyak memakai unsur-unsur grafis untuk membuat efek kaca dan refleksi, tampilan Aero pada Windows Vista dan Windows 7 banyak "memakan" sumberdaya pengolah grafis sehingga berakibat buruk pada daya tahan baterai.

Sebaliknya, tampilan gaya "Metro" pada Windows 8 didesain lebih sederhana dengan bingkai window program yang polos agar perhatian pengguna tidak teralihkan oleh elemen-elemen grafis yang terlalu menarik.

Dalam blognya di blogs.msdn.com, Jensen Harris, Direktur Program Manajemen untuk tim evaluasi Windows 8, mengatakan bahwa tampilan baru tersebut memiliki beberapa tujuan, termasuk mempermudah pengguna dalam memakai komputer dan menghemat baterai ketika digunakan di perangkat portabel.

windows 8 start

Antarmuka Metro dibangun berdasarkan tampilan serupa yang digunakan Microsoft pada sistem operasi Windows Phone miliknya. Windows 8 pun akan dilengkapi menu Start baru dengan jendela-jendela kecil (disebut sebagai "tile") yang masing-masing mewakili sebuah aplikasi.

Jendela-jendela tersebut menampilkan informasi sesuai dengan aplikasi yang bersangkutan, seperti jumlah surat masuk pada program e-mail atau informasi suhu pada program cuaca.

Desain "Metro" juga memungkinkan program-program yang didesain untuk Windows 8 berjalan dalam mode "fullscreen" yang memenuhi layar.

"Jadi, desktop Windows 8 akan memakai konsep desain Metro. Tetapi kompatibilitas terhadap program-program yang sudah ada tetap dipertahankan karena kami tidak mengubah ukuran bingkai window, kontrol, dan antarmuka sistem," tulis Harris dalam blog-nya.

Versi Release Preview dari Windows 8 dijadwalkan untuk rilis pada bulan Juni mendatang. Di versi ini  pengguna bisa melihat beberapa perubahan tampilan yang direncakan untuk versi final, meski belum seluruhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com