Kompas.com - 24/05/2012, 07:54 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com  - Karena dianggap rakus sumber daya pengolah grafis, antarmuka "Aero" tak digunakan lagi di sistem operasi termutakhir Microsoft.

Setelah menghiasi antarmuka sistem operasi Windows Vista sejak tahun 2006, tampilan ala "Aero" yang mengedepankan unsur-unsur grafis transparan tak akan dipakai lagi di Windows 8.

Windows 8 yang masih berada dalam fase pengembangan akan memakai gaya tampilan (User Interface atau UI) "Metro" yang lebih simpel, seperti pada perangkat-perangkat mobile dengan Windows Phone-nya.

Karena banyak memakai unsur-unsur grafis untuk membuat efek kaca dan refleksi, tampilan Aero pada Windows Vista dan Windows 7 banyak "memakan" sumberdaya pengolah grafis sehingga berakibat buruk pada daya tahan baterai.

Sebaliknya, tampilan gaya "Metro" pada Windows 8 didesain lebih sederhana dengan bingkai window program yang polos agar perhatian pengguna tidak teralihkan oleh elemen-elemen grafis yang terlalu menarik.

Dalam blognya di blogs.msdn.com, Jensen Harris, Direktur Program Manajemen untuk tim evaluasi Windows 8, mengatakan bahwa tampilan baru tersebut memiliki beberapa tujuan, termasuk mempermudah pengguna dalam memakai komputer dan menghemat baterai ketika digunakan di perangkat portabel.

windows 8 start

Antarmuka Metro dibangun berdasarkan tampilan serupa yang digunakan Microsoft pada sistem operasi Windows Phone miliknya. Windows 8 pun akan dilengkapi menu Start baru dengan jendela-jendela kecil (disebut sebagai "tile") yang masing-masing mewakili sebuah aplikasi.

Jendela-jendela tersebut menampilkan informasi sesuai dengan aplikasi yang bersangkutan, seperti jumlah surat masuk pada program e-mail atau informasi suhu pada program cuaca.

Desain "Metro" juga memungkinkan program-program yang didesain untuk Windows 8 berjalan dalam mode "fullscreen" yang memenuhi layar.

"Jadi, desktop Windows 8 akan memakai konsep desain Metro. Tetapi kompatibilitas terhadap program-program yang sudah ada tetap dipertahankan karena kami tidak mengubah ukuran bingkai window, kontrol, dan antarmuka sistem," tulis Harris dalam blog-nya.

Versi Release Preview dari Windows 8 dijadwalkan untuk rilis pada bulan Juni mendatang. Di versi ini  pengguna bisa melihat beberapa perubahan tampilan yang direncakan untuk versi final, meski belum seluruhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.