Tablet Google Nexus Beralih dari Tegra 3 ke Snapdragon?

Kompas.com - 25/05/2012, 09:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Google sebelumnya dikabarkan akan bekerjasama dengan Asus untuk membuat tablet Nexus. Rumor terbaru menyatakan, ada beberapa perubahan rencana.

Sebelumnya, Google dikabarkan tertarik dengan tablet 7 inci berharga 249 dollar AS buatan Asus  yang menggunakan prosesor quad core Nvidia Tegra 3. Tablet itu dipamerkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas awal 2012.

Namun Androidandme mendapat informasi dari seorang karyawan senior di perusahaan rantai pasokan Amerika Serikat. Sumber tersebut menjelaskan bahwa Google menginginkan tablet Nexus dengan harga yang lebih murah.

Harga tablet Nexus yang diinginkan nantinya ada di kisaran 149-199 dollar AS. Ini lebih murah dibandingkan rumor sebelumnya di kisaran harga 199-249 dollar AS.

Akibatnya, beberapa perubahan pun direncanakan. Seperti, mengganti prosesor Nvidia Tegra 3 dengan prosesor yang lebih murah. Kemungkinannya, Google akan memakai prosesor Snapdragon untuk tablet Nexus.

Harga yang lebih murah membuat Google bisa bersaing langsung dengan tablet Amazon Kindle Fire seharga 199 dollar AS.

"Iya, direncanakan memang begitu. Tapi mitra kami kan banyak. Tidak hanya Google untuk seri Nexus, tapi juga BlackBerry, Samsung, HTC dan vendor-vendor lain. Intinya masih dibicarakan," kata Senior Director dan Country Manager Qualcomm Indonesia Benhard Siagian kepada Kompas.com selepas acara seminar  "Cloud Goes Mobile Are You Ready?" di Balai Kartini Jakarta, Rabu (23/5/2012).

Meski belum final, pihak Qualcomm akan tetap fokus mengembangkan prosesor dengan kecepatan yang diinginkan pengguna perangkat mobile. Jika di pasar masih memakai prosesor dengan kecepatan 2 GHz, maka Qualcomm pun telah merilis prosesor dengan kecepatan 2,5 GHz atau yang disebut dengan Krait.

Amazon sendiri bisa merilis tablet Kindle Fire dengan harga relatif murah karena memakai prosesor yang lebih rendah dari Tegra 3.

Amazon dulu sempat ingin memakai prosesor Tegra 2 di Kindle Fire, tapi ternyata Kindle Fire hanya diberikan prosesor Texas OMAP4.

Sejauh ini belum ada kabar resmi mengenai tablet yang konon akan bernama Google Nexus itu. Diharapkan, informasi akan muncul di ajang CTIA Wireless, Mei 2012.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorReza Wahyudi
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Close Ads X