November, Microsoft Office Hadir di Android dan iOS

Kompas.com - 25/05/2012, 10:10 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Setelah sebelumnya sempat menyangkal, Microsoft dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran aplikasi Office untuk platform iOS dan Android.

Software yang tercakup di dalamnya termasuk Word, Excel, dan PowerPoint. Menurut sumber yang dikutip oleh Cnet, software produktivitas yang beken tersebut bakal dirilis pada bulan November tahun ini.

Kabar serupa pernah muncul ke permukaan pada bulan Februari lalu, melibatkan purwarupa Office yang terlihat berjalan di perangkat Apple iPad.

Ketika itu, berita tersebut disangkal oleh Microsoft yang menyebutnya sebagai "rumor dan spekulasi yang tidak akurat." Kali ini pun, perusahaan yang berkaitan menolak berkomentar.

Apabila benar diluncurkan, Microsoft Office akan menjadi alternatif menarik bagi pengguna perangkat  mobile --terutama tablet-- yang selama ini harus memakai aplikasi-aplikasi lain seperti Documents To Go,  Office² HD, Quickoffice Pro HD, atau iWork Suite untuk mengerjakan tugas kantor.

Aplikasi online seperti Google Docs atau versi web dari Microsoft Office sebenarnya tersedia, tetapi membatasi pengguna yang  terpaksa tersambung ke internet atau men-download file agar bisa mengakses dokumen.    

Walaupun ditujukan untuk pemakai casual, perangkat tablet seperti Galaxy Tab atau Apple iPad telah banyak digunakan oleh para profesional untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, menggantikan notebook. Kebutuhan akan aplikasi produktivitas pun mengalami peningkatan.

Peluncuran aplikasi Office ini disinyalir merupakan langkah strategis Microsoft untuk mengejar ketertinggalan sistem operasi Windows Phone dalam industri perangkat mobile.

Pada akhir 2012 atau awal 2013 nanti, Microsoft juga dikabarkan bakal merilis Office 15 untuk  perangkat-perangkat tablet berbasis Windows ARM yang mengandalkan input layar sentuh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.