Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rilis Axis, Yahoo Tawarkan Tampilan Visual Hasil Pencarian

Kompas.com - 25/05/2012, 11:12 WIB

KOMPAS.com - Yahoo! meluncurkan software atau plugin yang menawarkan tampilan visual dari sebuah hasil pencarian melalui mesin pencari Yahoo. Layanan baru yang unik ini dinamai "Axis".

Axis tersedia sebagai aplikasi di iPhone dan iPad.  Sedangkan di browser, seperti Firefoxs, Axis tersedia sebagai add-on atau plug-in.

Khusus di browser, Axis bekerja dengan mengintegrasikan diri ini ke dalam browser, seperti Firefox sebagai ekstensi dengan fungsi sebagai mesin pencari.
yahoo3

Caranya? Axis menampilkan diri dalam bentuk kolom pencarian di bagian pojok kiri bawah layar dalam tiap laman internet yang dibuka pengguna dalam browser lain, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Begitu pengguna meng-klik atau memasukkan kata kunci yang hendak dicari, Axis pun terbuka memenuhi setengah halaman bagian  bawah.

Seperti mesin pencari Google, Axis mampu memprediksi teks apa yang hendak dimasukkan pengguna. Bedanya, preview hasil pencarian yang turut ditampilkan Axis lebih lengkap karena disertai gambar thumbnail dari situs yang bersangkutan.

Hasil pencarian bisa digulir secara horizontal dengan memakai dua tombol navigasi yang tersedia.

Metode navigasi hasil pencarian secara horizontal dan preview gambar halaman tersebut diklaim bisa mempercepat proses pencarian oleh pengguna.

"Menjelajahi hasil search lewat link sudah ketinggalam zaman. Pengguna membutuhkan sesuatu yang lebih karena waktu kita semakin sedikit," ucap Shashi Seth, senior vice president dari Yahoo! inc., seperti dikutip dari Today Online.


yahoo2
Tampilan Yahoo! Axis untuk iPhone (Gambar: The Verge)

Selain untuk komputer desktop, Axis juga tersedia untuk perangkat iPad dan iPhone, di mana peramban dunia maya ini lebih terlihat seperti browser "betulan". Saat ini versi Axis untuk platform mobile lainnya (Android, misalnya) masih dikembangkan.

Yahoo! Axis  untuk pengguna desktop atau browser sudah bisa di-download di alamat http://axis.yahoo.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com