AMD Siapkan Prosesor Irit Daya untuk Tablet Windows 8

Kompas.com - 25/05/2012, 11:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Melihat sepak terjang Intel yang semakin gencar di industri perangkat mobile, AMD tak mau tinggal diam.

Perusahaan yang berbasis di Sunnyvale, California, AS ini tengah menyiapkan prosesor ultra-low-voltage (ULV) hemat daya yang ditujukan untuk perangkat tablet dengan sistem operasi Windows 8.

Prosesor hemat-daya untuk tablet tersebut diberi kode nama "Hondo" dan dibuat menggunakan arsitektur "Bobcat" dengan fabrikasi 40 nanometer seperti pada APU seri C dan seri E dari produsen yang bersangkutan.

Konsumsi dayanya diklaim hanya sebesar 4-5 watt, bersaing dengan Intel Atom Z2670 (Clover Trail) yang juga ditujukan untuk tablet Windows 8.

"Kami menyasar segmen industri yang paling tepat (sweet spot)," ucap general manager Unit Bisnis Global AMD, Lisa Su, seperti dikutip dari Metro Companion Apps. "Sasarannya termasuk mainstream, entry -dan, ya,  tablet juga sangat diperhatikan karena kami percaya pertumbuhan pasar ada di situ."     
Peluncuran "Hondo" dijadwalkan untuk kuartal empat tahun ini, berdekatan dengan waktu rilis tablet Windows 8 yang pada Oktober.

AMD juga sudah merencanakan penerus Hondo, "Tamesh", dengan basis arsitektur x86 "Jaguar", yang akan datang pada 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.