Uang Digital, "Lahan Basah" untuk Operator

Kompas.com - 25/05/2012, 15:47 WIB
EditorReza Wahyudi

BANDUNG, KOMPAS.com — Peluncuran fasilitas uang digital oleh Telkomsel, yakni Tap-Izy, merupakan langkah rintisan yang dilakukan perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Bagi mereka, uang digital adalah wilayah baru yang berpotensi besar untuk mendatangkan hasil yang banyak.

Demikian kesimpulan dari perbincangan Kompas dengam Ricaredo Babasa, Head of Digital Money Management Group Telkomsel, seusai peluncuran Tap-Izy di Stasiun Bandung, Kamis (24/5/2012).

Tap-Izy merupakan layanan bagi pelanggan yang memungkinkan mereka untuk bertransaksi hanya dengan mendekatkan ponsel dengan kartu SIM yang memancarkan frekuensi radio ke alat penerima di kasir. Dana yang dibayarkan melalui uang digital itu tidak dipotong dari pulsa, tetapi harus diisi terlebih dahulu.

Menurut Ricaredo, dia sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi di Filipina yang gencar dengan program uang digital, tetapi mekanismenya lebih rumit.

Pengguna menyodorkan kartu ke alat penerima, kemudian ponsel mereka mendapatkan pesan singkat untuk dibalas dengan kode verifikasi, setelah dibalas, barulah transaksi dilakukan.

"Warga di Filipina lebih terbiasa dengan transaksi berbasis SMS, di Indonesia justru selangkah lebih maju," kata Ricaredo.

Dia menyadari bahwa kebiasaan bertransaksi menggunakan ponsel belum tumbuh di masyarakat Indonesia. Untuk itulah, program Tap-Izy dari Telkomsel lebih menyasar pengguna mayoritas, yakni penumpang kereta api.

Promosi program Telkomsel mengikuti jalur kereta api, dimulai dari Yogyakarta, Bandung, dan direncanakan selanjutnya di Jakarta, kemudian Surabaya. Dengan segmen pengguna yang lebar seperti itu, Telkomsel membutuhkan waktu satu tahun untuk menyosialisasikan kebiasaan baru bertransaksi dengan ponsel, tidak harus mengeluarkan dompet.

Pilihan

Disinggung mengenai pilihan teknologi RF-SIM untuk Tap-Izy, Ricaredo beralasan bahwa pilihan tersebut tepat untuk pihaknya selaku operator telekomunikasi. Teknologi RF-SIM bisa disematkan langsung ke kartu SIM tanpa harus menambah alat apa pun di ponsel.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X