RIM Tak Mau BBM Ada di Android dan iPhone

Kompas.com - 28/05/2012, 10:58 WIB
EditorReza Wahyudi

Associated Press

KOMPAS.com - Di Indonesia, siapa tak kenal BlackBerry? Smartphone yang populer karena fitur push mail dan BlackBerry Messenger ini digunakan oleh jutaan orang di Indonesia.

Popularitas BlackBerry antara lain didorong oleh penggunaan BlackBerry Messenger (BBM), aplikasi pesan instan yang terkenal dengan keandalannya.

Platform lain pun banyak yang berminat mengadopsi BBM. Sempat tersiar kabar, RIM mau melepas BBM untuk platform seperti Android.

Namun, seperti dikutip dari The Wall Street Journal, CEO RIM Thorsten Heins terindikasi tidak akan melisensi BBM ke platform lain dengan memutuskan bahwa secara umum

Sejak diangkat Januari lalu, CEO RIM Thorsten Heins memfokuskan usaha perusahaan tersebut pada pengembangan perangkat smartphone baru berikut sistem operasi OS BlackBerry 10.

Hal tersebut bertolak belakang dengan keadaan sebelumnya di mana eksekutif senior RIM berusaha  mengkapitalisasi popularitas BBM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Padahal, BBM adalah produk RIM yang masih sangat populer di seluruh dunia. Data dari RIM menunjukkan bahwa  pengguna BBM bertambah 10 kali lipat sejak Januari 2009 hingga saat ini, dari 5,3 juta menjadi lebih dari 55 juta orang.

Dalam kurun waktu yang sama, pangsa RIM di pasar smartphone Amerika Serikat justru turun drastis dari 50 persen menjadi kurang dari 10 persen, menurut firma penelitian International Data Corporation.

Popularitas BBM seharusnya menjadi alasan di balik pertimbangan RIM untuk melisensi layanan instant messaging tersebut ke platform mobile lain, termasuk Android dan iOS, seperti yang ramai dirumorkan sejak beberapa waktu lalu.

Lisensi ini dipandang sebagian orang sebagai cara untuk menjaga brand recognition yang bisa membuat nama RIM tetap relevan hingga smartphone baru dari perusahaan itu siap diluncurkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.