Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Perakitan iPhone 4S di Pabrik Foxconn

Kompas.com - 29/05/2012, 10:38 WIB

 

APPLEiPhone 4S.

 

APPLEiPhone 4S.

KOMPAS.com - Foxconn, perusahaan pemanufaktur produk-produk Apple, kembali mengundang seorang wartawan untuk melihat bagaimana produk Apple dirakit. Kali ini Foxconn memperlihatkan bagaimana iPhone 4S diproduksi di pabrik yang berlokasi di Zhengzhou, China.

CEO Foxconn, Terry Gou mengajak seorang reporter dari situs berita berbahasa China Ifeng.com, untuk berkeliling pabrik dan memberi izin merekam video di jalur produksi iPhone.

Reporter Ifeng diajak Gou melihat pemandangan pabrik dari udara menggunakan helikopter. Pabrik Foxconn di Zhengzhou memiliki luas sekitar 5,6 kilometer persegi.

Hampir sebagian area pabrik digunakan untuk tempat memproduksi iPhone 4S. Elemen pertama yang ditunjukkan Gou kepada reporter Ifeng adalah bingkai dari iPhone 4S.

Mereka berpindah ke jalur produksi motherboard, di mana setiap harinya ada 10 ribu unit motherboard iPhone 4S yang dibuat. Keduanya kemudian melangkah ke ruang steril tempat kamera iPhone 4S dirakit.

Berikut video hasil rekaman Ifeng.

Foxconn belakangan ini cukup terbuka untuk mengizinkan wartawan masuk ke pabrik mereka, setelah perusahaan tersebut dicap mengeksploitasi pekerjanya dengan jam kerja yang panjang dan upah minim.

Seorang reporter bernama Rob Schmitz dari stasiun radio publik Amerika, Marketplace, juga pernah diajak Foxconn untuk meliput dan masuk ke pabrik tempat iPad diproduksi, di kota Shenzhen, China.

Ia diberi kesempatan merekam video bagaimana hardware-hardware iPad dipasangkan, seperti motherboard, layar sentuh LED, sampai uji coba apakah iPad menyala dengan sempurna atau tidak.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com