Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo K800 "Berotak" Intel Atom Rilis Minggu Depan

Kompas.com - 30/05/2012, 09:26 WIB

KOMPAS.com - Produk-produk smartphone dengan prosesor buatan Intel mulai bermunculan. Pekan depan, salah satu smartphone pertama yang menggunakan prosesor mobile buatan Intel, Lenovo K800 dijadwalkan akan rilis di China.

Lenovo K800 menggunakan prosesor Intel Atom Z2460 1,6 GHz yang dilengkapi dengan unit pemroses grafis PowerVR SGX 540 berkecepatan 400 MHz.

Layar ponsel yang menggunakan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ini berukuran 4,5 inci dan memiliki resolusi 720x1280.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan lokal di China, Lenovo merancang antarmuka khusus "LeOS". LeOS merupakan interface Android untuk ponsel Lenovo di China, mirip seperti HTC Sense di ponsel HTC atau TouchWiz di ponsel Samsung.

Adapun provider di China yang sudah siap mengadopsi smartphone ini dalam jaringannya adalah China Unicom. K800 juga dibekali konektivitas HSPA+ untuk keperluan transfer data dari internet.

Fitur-fitur lain termasuk keluaran display HDMI, teknologi near-field communication (NFC) untuk komunikasi data dengan perangkat mobile lain, serta Intel wireless display technology yang memungkinkan pengguna menyalurkan keluaran gambar ke perangkat display eksternal tanpa memakai kabel.

Sebenarnya, Lenovo K800 adalah smartphone berbasis prosesor Intel kedua yang telah diluncurkan, menyusul Lava Xolo 900 yang  telah lebih dahulu dirilis di India bulan lalu.

Sejumlah smartphone dengan prosesor Intel lainnya juga sudah dijadwalkan untuk rilis dalam waktu dekat, termasuk model-model dari Orange, Motorola, dan ZTE.

Intel, raksasa chip yang dikenal luas lewat seri-seri prosesor desktop dan mobile miliknya, sedang berusaha melakukan ekspansi ke pasar smartphone dan tablet.

Menurut pengujian yang dilansir situs-situs teknologi sejauh ini, prosesor Atom Z2460 yang digunakan Lenovo K800 mampu mengimbangi atau melebihi kinerja dari beberapa produk smarphone kompetitor, seperti Samsung Galaxy S II dan  Apple iPhone 4S.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com