Manisnya Bisnis Perjodohan "Online"

Kompas.com - 31/05/2012, 09:03 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sekarang memang sudah bukan zamannya Siti Nurbaya, namun nyatanya, orang-orang masih sering dicarikan jodoh. Bukan dijodohkan oleh orang tua, melainkan lewat situs-situs internet yang menawarkan jasa tersebut.

Seperti yang terjadi di China, mencari jodoh secara online belakangan menunjukkan tren meningkat.

Di Negeri Tirai Bambu ini, bisnis "pasar jodoh" dunia maya didominasi oleh situs Jiayuan.com dan Zhenai.com. Keuntungan  yang dihasilkan oleh keduanya tergolong lumayan. Pada Maret tahun lalu, Jiayuan.com mendapat labar sebesar Rp 14,5 miliar.

Nilai industri online dating di China pun diproyeksikan akan tumbuh dari 72 juta dollar AS di tahun 2010 menjadi 301 juta dollar AS (sekitar Rp 2,8 triliun) pada 2015.

Popularitas situs kencan online sejalan dengan karakter demografis China. Para lelaki bujangan seringkali harus mengandalkan sumber online untuk mencari pasangan karena sulit mencari jodoh dengan cara tatap muka.

Gara-garanya, terdapat kesenjangan gender atau ketimpangan jumlah pria dan wanita yang makin lama makin melebar.

Pada 2016, diperkirakan jumlah pria lajang di China akan berjumlah 30 persen lebih banyak daripada jumlah wanita single, menurut data sensus tahun 2010.

Layanan mencari jodoh juga disediakan oleh situs-situs lainnya seperti Match.com yang populer di Amerika Utara dan Eropa, serta OKCupid.com yang menunjukkan potensi serupa di daerah Asia. Tertarik mencoba?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.