Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komputer Pejabat Iran Disusupi Virus "Flame"

Kompas.com - 31/05/2012, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Komputer milik sejumlah pejabat tinggi Iran telah terinfeksi virus mata-mata bernama "Flame" dalam sebuah usaha serangan cyber paling besar sejak virus "Stuxnet" tahun 2010.

Fakta ini dikonfirmasi oleh organizasi Cyberdefense Iran, pada Selasa (29/5/2012).

Dalam pernyataan tertulis di situsnya, Pusat Koordinasi Tim Reaksi Darurat Komputer Iran (MAHER) memperingatkan bahwa virus baru ini sangat berbahaya.

Seorang sumber dari organisasi tersebut yang dikutip oleh New York Times mengatakan bahwa Flame bisa menimbulkan ancaman yang lebih besar daripada Stuxnet yang merusak beberapa mesin pemutar (centrifuge) dalam program pengayaan nuklir Iran tiga tahun lalu.


Berbeda dengan Stuxnet, Flame dirancang bukan untuk menghancurkan, tetapi mencuri data dari berbagai sumber. "Virus ini merekam ketikan keyboard dan memonitor apa saja yang tampil di layar komputer," ujar Kamran Napelian, seorang pejabat di Tim Reaksi Darurat Komputer Iran.

kaspersky
Nama "Flame" berasal dari salah satu modul dari virus ini (gambar: Kaspersky Labs)

Flame mampu mencuri password, menyadap suara lewat mikrofon komputer, serta mengambil data dari hard disk  komputer. "Sementara si pembuat virus itu bisa mengendalikannya dari jauh. Ini bukan virus biasa. Dia (Flame) dirancang untuk memata-matai komputer tertentu," lanjut Napelian.

Menurut Kaspersky Lab yang menemukan Flame, kompleksitas dan kecanggihan fungsi virus yang bisa memiliki ukuran total 20 megabyte ini berada jauh di atas program-program jahat lain yang pernah ditemukan. 

Saking canggihnya, Kaspersky mengatakan bahwa Flame diciptakan bukan oleh penjahat cyber biasa, melainkan sebuah negara yang sengaja melepasnya untuk mencapai tujuan tertentu.

Penyebaran Flame terbatas dalam lingkup kecil di negara-negara tertentu di Timur Tengah, dengan kasus terbanyak ditemukan di Iran. Virus ini berhasil menyelinap tanpa ketahuan selama bertahun-tahun. Flame diduga disebarkan melalui USB flashdisk yang ditancapkan ke komputer untuk bertukar data.

Didalangi Israel?

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com