Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg "Nongol" di Film Dokumenter China

Kompas.com - 31/05/2012, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg dan istrinya muncul dalam sebuah film dokumenter tentang kepolisian China. Padahal, sampai saat ini, pemerintah China masih memblokir situs-situs yang dianggap membahayakan, termasuk Facebook.

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan, yang belum lama ini melangsungkan pernikahan, diketahui muncul dalam sebuah film dokumenter tentang kepolisian China. Film tersebut ditayangkan di saluran televisi China, CCTV.

Namun Zuckerberg dan Priscilla tidak tampil secara penuh dalam film tersebut. Pasangan ini hanya muncul secara sekilas atau cameo.

Kemunculan pasangan yang baru menikah ini ditemukan oleh China Smack, blog pengamat film terkenal di China pada detik ke 29. Atas kemunculan tersebut, Zuckerberg dan Facebook menjadi topik perbincangan hangat di situs mikroblogging Sina Weibo.

Salah satu topik perbincangan itu adalah "teori konspirasi" bahwa Zuckerberg sedang mengusahakan agar Facebook tak lagi diblokir di China.

Sebelumnya, Zuckerberg mengatakan, suatu saat akan muncul pembicaraan tentang kemungkinan Facebook masuk ke China. Pada saat itu, tentu akan dibahas apa yang perlu dilakukan Facebook agar bisa beroperasi di China. Mungkinkah ini salah satunya?

Sepertinya sih bukan. Karena tampaknya kemunculan Zuckerberg dan Chan adalah ketidaksengajaan saat pengambilan gambar film itu di jalan. Bisa jadi, ini terjadi saat ia berkunjung ke sana pada Maret 2012.

Perhatikan kemunculan Zuckerberg dan istrinya di film dokumenter China berikut ini (detik ke-29):

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com