Zuckerberg "Nongol" di Film Dokumenter China

Kompas.com - 31/05/2012, 17:57 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg dan istrinya muncul dalam sebuah film dokumenter tentang kepolisian China. Padahal, sampai saat ini, pemerintah China masih memblokir situs-situs yang dianggap membahayakan, termasuk Facebook.

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan, yang belum lama ini melangsungkan pernikahan, diketahui muncul dalam sebuah film dokumenter tentang kepolisian China. Film tersebut ditayangkan di saluran televisi China, CCTV.

Namun Zuckerberg dan Priscilla tidak tampil secara penuh dalam film tersebut. Pasangan ini hanya muncul secara sekilas atau cameo.

Kemunculan pasangan yang baru menikah ini ditemukan oleh China Smack, blog pengamat film terkenal di China pada detik ke 29. Atas kemunculan tersebut, Zuckerberg dan Facebook menjadi topik perbincangan hangat di situs mikroblogging Sina Weibo.

Salah satu topik perbincangan itu adalah "teori konspirasi" bahwa Zuckerberg sedang mengusahakan agar Facebook tak lagi diblokir di China.

Sebelumnya, Zuckerberg mengatakan, suatu saat akan muncul pembicaraan tentang kemungkinan Facebook masuk ke China. Pada saat itu, tentu akan dibahas apa yang perlu dilakukan Facebook agar bisa beroperasi di China. Mungkinkah ini salah satunya?

Sepertinya sih bukan. Karena tampaknya kemunculan Zuckerberg dan Chan adalah ketidaksengajaan saat pengambilan gambar film itu di jalan. Bisa jadi, ini terjadi saat ia berkunjung ke sana pada Maret 2012.

Perhatikan kemunculan Zuckerberg dan istrinya di film dokumenter China berikut ini (detik ke-29):

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.