Komputer Pertama Apple Siap Dilepas Rp 1,6 Miliar

Kompas.com - 01/06/2012, 10:37 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kejayaan Apple saat ini bermula dari komputer sederhana yang dirakit secara manual oleh dua pendiri perusahaan tersebut, Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Komputer yang kemudian dikenal dengan nama "Apple 1" inilah yang akan dilego oleh balai lelang Sotheby's, tanggal 15 Juni nanti.

Dari total sebanyak 200 buah komputer Apple 1 yang pernah dibuat, hanya 6 unit yang masih bisa berfungsi. Salah satunya, komputer yang masuk lelang. Apple 1 pada awalnya dibuat atas pesanan sebuah toko bernama "Byte Shop" dan menjadi produk komersil pertama dari Apple.


apple1
Komputer Apple 1 (gambar: 9to5mac.com)

Dibuat tahun 1976, "Apple 1" memiliki spesifikasi teknis yang jauh berbeda dari komputer masa kini. "Apple 1" hanya berupa papan PCB yang ditanami komponen-komponen, termasuk prosesor MOS 6502 berkecepatan 1 MHz dan RAM sebesar 4 kilobyte.

Apple 1 adalah komputer pribadi pertama yang memungkinkan penggunanya memakai keyboard untuk mengetik huruf-huruf di layar, tetapi dijual tanpa keyboard ataupun casing. Beberapa pengguna kemudian menambah keyboard dan casing sendiri.

Menurut perkiraan, harga komputer pertama Apple ini bisa mencapai hingga 180 ribu dollar AS atau sekitar Rp 1,6 miliar. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.