Pembuat FarmVille Mulai Fokus ke Game "Mobile"

Kompas.com - 01/06/2012, 14:42 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Perusahaan game Zynga identik dengan game Facebook seperti FarmVille dan CityVille. Namun, perusahaan ini berencana untuk mengembangkan bisnisnya di luar game Facebook dan mulai menjelajahi dunia game mobile.

Hal ini tentu dipicu dengan mulai terbukanya Facebook untuk investor melalui pasar saham beberapa waktu lalu.

Banyak analis menilai Facebook kini tidak lagi tergantung pada provider luar seperti Zynga untuk meramaikan kontennya dengan game. Sebab, Facebook kini dapat membuat sendiri konten interaktifnya.

Apakah langkah Zynga untuk bermain di pasar game mobile merupakan pengaruh dari masuknya Facebook ke pasar saham tersebut? Menurut Mark Pincus, CEO dan pemilik dari Zynga, langkah ini diambil bukan untuk memisahkan diri dari Facebook.

Sebab, Facebook tetap merupakan pasar yang potensialnya tinggi dan patut mendapatkan lebih banyak investasi dari Zynga.

”Kami melihat Facebook sebagai sebuah platform, sama seperti iOS dan Android,” komentar Pincus. ”Bila bisnis kami di iOS dan Android menjadi besar, maka kami akan sangat senang sekali,” tambahnya. Ia juga menyatakan akan meraih kesempatan di mana saja selama ada peluang untuk mendapat keuntungan.

Lalu, bagaimana dengan bisnis di dunia mesin konsol game, seperti PlayStation 3 dan Xbox 360? Pincus menegaskan bahwa Zynga tidak ada keinginan untuk masuk ke pasar konsol.

Pasar tersebut terlalu banyak gesekan kepentingan akibat perang antara kedua konsol utama. Zynga mengejar pasar khalayak umum dan game mobile adalah jalan masuknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.