Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com Fantastic 4th Anniversary

Harapan Besar Blogger Kompasiana kepada Kompas.com

Kompas.com - 01/06/2012, 17:59 WIB
Nurulloh

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak dilahirkan kembali empat tahun lalu (2008), Kompas.com—sebelumnya bernama KCM (Kompas Cyber Media)—bukan saja berupaya menjadi situs berita yang terdepan dan terpercaya buat pembacanya, tetapi demi memanjakan pembacanya, Kompas.com juga terus membuat dan mengembangkan banyak fitur dan kanal yang menjadi satu kesatuan layanan yang tersedia di Kompas.com.

Salah satu dari banyak kanal di Kompas.com adalah Kompasiana.com. Blog sosial yang awalnya dibuat sebagai wadah ngeblog bagi wartawan di lingkungan Kompas Gramedia ini telah menjadi tempat berbagi informasi dan berita untuk seluruh warga yang menjadi anggota atau akrab disebut blogger Kompasiana (Kompasianer).

Beberapa blogger Kompasiana yang juga merupakan tokoh dan parktisi di bidangnya masing-masing memberikan testimoni dan harapan untuk Kompas.com. Berikut testimoni dan harapan mereka.

Chappy Hakim, Kepala Staf TNI Angkatan Udara RI 2002-2005 & Blogger Kompasiana

Saya mengikuti Kompas.com sejak lama dan berharap banyak kepada Kompas.com tetap menjaga kredibilitas layaknya Harian Kompas sebagai media edukasi buat pelajar di Indonesia.

Saya relatif sering pantau Kompas.com dan Kompasiana karena saya punya blog di Kompasiana.

Kompas.com berpeluang untuk terus menjadi besar karena dapat menyebarkan informasi lebih luas dan lebih cepat serta menjadi alternatif kepada pembaca media cetak. Dari beberapa pendapat teman-teman saya, Kompas.com dapat lebih mengemuka dari media cetak karena jangkauan yang lebih luas dan memiliki keragaman berita.

Namun Kompas.com harusnya juga punya sesuatu yang dapat diberikan kepada pembacanya secara langsung, seperti kopi darat atau menyelenggarakan diskusi agar dapat lebih mendekatkan diri kepada pembaca karena unsur edukasinya sangat bagus.

Selamat ulang tahun keempat, semoga sukses dan lebih berperan lagi dalam mengedukasi masyarakat, terutama terkait isu transportasi.

Melanie Subono, Musisi & Blogger Kompasiana

Kompas.com memiliki pembaca yang berbeda dengan situs berita lain dan lebih menantang. Kompas.com menarik dan tidak kaku walaupun terkesan "sangat" berita. Selain itu lebih lunak bahasanya dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Terus Jaga kualitas konten karena sudah punya nama besar. Tidak sekedar menyebarkan info, tapi juga bisa melakukan sesuatu atau semacam pergerakan dan yang paling penting berani independen dan tetap terbuka.


Marzuki Alie, Ketua DPR RI & Blogger Kompasiana

Saya merasakan bahwa Kompas.com itu sudah betul-betul melaksakan fungsinya, Ada ruang dimana pembaca juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan sesuatu, seperti di Kompasiana.
 
Di samping itu saya melihat Kompas.com tidak mencari sensasi dan tidak besar karena sensasi itu. Hal tersebut harus dipertahankan dan menjadi media yang dapat dipercaya dalam menjalankan fungsinya, seperti menyebarkan info positif.

Selamat kepada Kompas.com semoga makin dipercaya dan dicintai sehingga menjadi media yang terbesar di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com