Microsoft dan Nokia Bersekongkol Bikin Harga Android Mahal?

Kompas.com - 03/06/2012, 16:49 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Google menuduh Microsoft dan Nokia bersekongkol berusaha menaikkan harga perangkat Android dengan menggunakan paten dalam industri smartphone. Keluhan Google ini telah diajukan ke regulator Komisi Eropa, akhir Mei 2012.

Dalam pengaduannya, Google menyebutkan Nokia dengan sengaja menjual 1.200 paten ke Mosaid, sebuah grup perusahaan asal Kanada yang banyak meraup laba dari lisensi paten.

Kemudian, Mosaid akan membagi hasil lisensi paten tersebut kepada Microsoft dan Nokia jika ada vendor lain yang menggunakan paten tersebut.

Google menyebut Mosaid sebagai perusahaan yang berambisi memburu paten. Google mencemaskan Android akan digugat atau dipersulit bila ingin menggunakan salah satu dari 1.200 paten tersebut. Menurut Google, langkah itu akan menghambat kompetisi di pasar smartphone bagi para vendor.

"Nokia dan Microsoft berkolusi untuk menaikkan harga perangkat mobile dan merugikan konsumen," ujar juru bicara Google. "Mereka harus bertanggung jawab dan, dengan keluhan ini, semoga orang lain dapat melihat praktik tersebut."

Pihak Nokia belum bersedia memberi komentar, sementara Microsoft mengatakan, keluhan Google itu merupakan "taktik yang putus asa".

"Google mengeluh tentang adanya hambatan dalam kompetisi di industri smartphone ketika mereka mendapat 95 persen industri pencarian dari mobile dan iklan," ujar juru bicara Microsoft kepada Reuters.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.