Apple dan Google Berlomba Hadirkan Peta 3D

Kompas.com - 04/06/2012, 09:32 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google sedang menyiapkan layanan pemetaan baru dengan sudut pandang 3 dimensi alias 3D, yang bakal diluncurkan pada 6 Juni mendatang dalam acara bertajuk The Next Dimension of Google Maps.

Sedangkan Apple, dikabarkan juga akan meluncurkan layanan peta 3D pada 11 Juni di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC).

Sebagai pemain lama di layanan peta digital, Google nampak tak ingin dikalahkan oleh Apple.

Apalagi, belakangan ini beredar rumor bahwa Apple akan menghilangkan Google Maps dari sistem operasi mobile iOS versi 6. Google Maps akan diganti dengan layanan peta digital buatan Apple sendiri.

Baru-baru ini Google juga telah menghapus Google Maps dari aplikasi iPhoto di tablet iPad. Padahal, Apple sudah menggunakan Google Maps di iOS sejak 2007 silam.

Apple telah lama merencanakan membuat layanan peta sendiri dengan mengakuisisi 3 perusahaan yang bergerak di bidang pemetaan digital. Pada 2009, Apple mengakuisisi Placebase, kemudian Poly9 pada 2010, dan C3 Technologies pada 2011.

Google akan menemui pesaing baru dalam bisnis peta digital. Hanya saja, peta 3D Apple besar kemungkinan hanya eksklusif dibuat untuk perangkat besutan Apple. Sementara Google Maps 3D, bisa diakses oleh siapa saja selama terkoneksi dengan internet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.