Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Bisa Jadi "Programer" dengan Google Blockly

Kompas.com - 05/06/2012, 11:15 WIB

KOMPAS.com — Bahasa pemrograman yang rumit sering kali menjadi penghalang bagi mereka yang ingin membikin program, tetapi tidak memiliki latar belakang atau kemampuan yang sesuai untuk itu.

Google ingin mengubah hal tersebut dengan merilis Blockly, sebuah bahasa pemrograman visual yang membuat penggunanya bisa menciptakan program tanpa mengetikkan satu huruf pun pada keyboard.

Caranya, Blockly menjadikan tampilan unik berupa balok-balok yang mewakili kode-kode—seperti pernyataan "if-then" dan lainnya—yang harus digabungkan oleh pengguna untuk menciptakan fungsi sederhana. Ketika fungsi tersebut disatukan, jadilah sebuah program utuh.

Pengguna kini sudah bisa memperoleh Blockly di Google Code, situs khusus yang disediakan raksasa mesin pencari tersebut untuk menampung aplikasi-aplikasi open source.

Melalui situs Google tersebut, Blockly bisa diekspor ke dalam bahasa pemrograman lain yang sudah ada, termasuk Javascript, Dart, Phython, dan XML.

Blockly adalah bagian dari proyek yang lebih besar, yang bertujuan untuk menyebarkan ilmu pemrograman kepada semua orang. Tahun 2010 lalu, Google telah menelurkan platform serupa yang disebut sebagai App Inventor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com