Semua Bisa Jadi "Programer" dengan Google Blockly

Kompas.com - 05/06/2012, 11:15 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Bahasa pemrograman yang rumit sering kali menjadi penghalang bagi mereka yang ingin membikin program, tetapi tidak memiliki latar belakang atau kemampuan yang sesuai untuk itu.

Google ingin mengubah hal tersebut dengan merilis Blockly, sebuah bahasa pemrograman visual yang membuat penggunanya bisa menciptakan program tanpa mengetikkan satu huruf pun pada keyboard.

Caranya, Blockly menjadikan tampilan unik berupa balok-balok yang mewakili kode-kode—seperti pernyataan "if-then" dan lainnya—yang harus digabungkan oleh pengguna untuk menciptakan fungsi sederhana. Ketika fungsi tersebut disatukan, jadilah sebuah program utuh.

Pengguna kini sudah bisa memperoleh Blockly di Google Code, situs khusus yang disediakan raksasa mesin pencari tersebut untuk menampung aplikasi-aplikasi open source.

Melalui situs Google tersebut, Blockly bisa diekspor ke dalam bahasa pemrograman lain yang sudah ada, termasuk Javascript, Dart, Phython, dan XML.

Blockly adalah bagian dari proyek yang lebih besar, yang bertujuan untuk menyebarkan ilmu pemrograman kepada semua orang. Tahun 2010 lalu, Google telah menelurkan platform serupa yang disebut sebagai App Inventor.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X