Menunggu Gebrakan Erik Meijer di Indosat

Kompas.com - 06/06/2012, 09:34 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) Frederik Johannees Meijer atau yang akrab dipanggil Erik Meijer sudah resmi diangkat menjadi Director and Chief Commercial Officer Indosat. Namun, apa strateginya untuk memajukan Indosat?

Saat ini, Erik Meijer baru sebulan bergabung dengan Indosat. Tentu belum terlihat gebrakan yang dilakukannya di operator kedua terbesar di Indonesia tersebut.

"Saya masih mengevaluasi branding dari seluruh produk Indosat. Sampai saat ini saya juga masih bingung, tapi saya akan berusaha untuk memajukan Indosat," kata Erik saat ditemui selepas peluncuran program bundling Indosat dan Nexian di Paulaner Brauhaus-Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (5/6/2012).

Hingga kini, Indosat memiliki kartu pascabayar Matrix, kartu prabayar IM3 dan Mentari, serta kartu CDMA StarOne. Bagi Erik, semua kartu tersebut masih memiliki pelanggan loyal masing-masing.

Khususnya kartu IM3 yang memiliki pengguna sekitar dua per tiga dari total pelanggan Indosat di kuartal I-2012 sebesar 52,1 juta pelanggan. Sisanya, baru dikontribusikan dari pelanggan Matrix, Mentari, dan StarOne.

"Positioning masing-masing kartu tersebut sebenarnya sudah jelas. Tapi masih ada kemungkinan, termasuk menggabung semua kartu menjadi satu. Semua masih dipikirkan. Terlalu dini untuk dijelaskan sekarang," tambahnya.

Memang, Indosat saat ini telah memiliki kartu Indosat yang bisa dipakai menjadi kartu IM3, Mentari, Matrix ataupun StarOne. Kartu tersebut saat ini sudah beredar di pasar sejak 2011 dan menjadi perangsang untuk penambahan jumlah pelanggan di semua jenis kartu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah registrasi, kartu tersebut akan ditawarkan ke pengguna, apakah akan menjadi pelanggan Matrix, IM3, Mentari, ataupun StarOne.

"Tapi kalau strateginya saya bocorkan sekarang, operator yang lain akan tahu," elaknya.

Fokus bundling dan data
Untuk saat ini, Indosat akan fokus menjual paket bundling ponsel dengan salah satu kartu Indosat. Sebelumnya, Indosat telah menggandeng iPhone 4S, Samsung Galaxy S III, dan Nexian untuk program bundling-nya.

"Kita akan bundling dengan semua vendor. Tentunya yang akan berimbas pada pendapatan kami," tambahnya.

Tidak hanya paket bundling, Indosat juga akan menggenjot pendapatan dari pemakaian data pengguna. Paket data tersebut diperoleh dari paket bundling maupun paket internet yang selama ini ditawarkan.

Saat ini, Indosat telah memiliki paket-paket internet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik dari jenis time based, volume based, paket modem, maupun paket internet BlackBerry.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X