Chip Baru Bikin Laptop Sanggup "Lahap Game Berat"

Kompas.com - 06/06/2012, 19:07 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Berita bagus untuk gamer yang gemar main game-game "berat", alias memiliki kualitas grafis tinggi, dengan memakai laptop.

Nvidia telah merilis GeForce GTX 680M, chip pengolah grafis (GPU) mobile yang diklaim perusahaan tersebut sebagai yang terkencang yang pernah dibuat.

GeForce GTX 680M yang memiliki arsitektur "Kepler" tersebut dibuat dengan proses fabrikasi 28 nm. Di dalamnya terdapat 1.344 inti prosesor (core) yang bekerja pada frekuensi 720 MHz.

Untuk menyalurkan data grafis, Nvidia memadukan GTX 680M dengan RAM GDDR5 256-bit berkecepatan 3,6 GHz hingga sejumlah 4 GB.

Sebagai perbandingan, GeForce GTX 660M yang berada di bawah GTX 680M  memiliki 684 inti prosesor yang berjalan pada frekuensi 835 MHz. Adapun GTX 675M menggunakan arsitektur berbeda (dengan kode nama "Fermi") meskipun menggunakan nama yang mirip.


kepler mobile family

Perbandingan data teknis GeForce GTX 680M dengan chip grafis mobile lain dari NVIDIA (gambar:hexus.net)

Dengan serangkaian spefisikasi teknis tersebut, Nvidia mengklaim bahwa GeForce GTX 680M bisa 80 persen lebih kencang dari andalan sebelumnya di bidang ini, GeForce GTX 580M.

Menurut Nvidia, chip grafis laptop baru ini bukan hanya sangat kencang, tetapi juga lebih efisien dalam mengolah daya sehingga mampu memperpanjang daya tahan baterai.

Beberapa produsen laptop sudah menyatakan diri akan mengadopsi chip pengolah grafis ini di lini produk mereka. Dua diantaranya adalah Alienware yang akan menanamkan GeForce GTX 680M di seri laptop M17X dan MSI yang berencana memakainya di seri laptop GT70.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X