Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Mobile Game Developer War 4

Lomba Bikin Game Khusus untuk 'Developer' Pemula

Kompas.com - 07/06/2012, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi pembuatan aplikasi game Mobile Game Developer War (MGDW) telah memasuki tahun ke-4. Setiap penyelenggaraannya, MGDW memiliki sistem yang berbeda.

Tahun ini, dengan tema "Rookie", MGDW 4 hanya membuka pendaftaran bagi pengembang aplikasi atau pendatang baru di dunia mobile game.

Tahun ini, Nokia Developer bekerja sama dengan Agate Studio dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), menggelar MGDW 4 Rookie dalam salah satu rangkaian acara tahunan bernama Computer Festival 2012 (Compfest 2012).

Para peserta bisa melakukan pendaftaran sejak 1 hingga 30 Juni 2012 secara gratis di website www.mobilegamesdeveloperwar.com

Untuk mengikuti kompetisi ini, para peserta harus merupakan developer yang baru terjun ke dunia mobile game kurang dari satu tahun. Jika sudah pernah menjual apikasi mobile game-nya, aplikasi tersebut tidak boleh di-download lebih dari 50 ribu kali.

Melalui tagline 'Welcoming the Next Generation', MGDW 4 Rookie diharapkan mampu mencetak generasi baru mobile game developer Indonesia yang kreatif dan inovatif dengan kualitas game yang mendunia.

"Yang paling penting adalah developer ini diberi bekal untuk bisa membuat produk dan memasarkannya tidak hanya di Indonesia, tapi juga secara global," ungkap Narenda Wicaksono, Developer Manager Nokia South East Asia, dalam jumpa pers di kampus Bina Nusantara Joseph Wibowo Center, Jakarta, Rabu (6/6/2012).

Online Camp
Jika di penyelenggaraan sebelumnya, MGDW selalu memiliki offline camp untuk memberikan pembekalan bagi para developer, kali ini MGDW akan membuka Online Camp. Artinya, peserta dari seluruh Indonesia bisa belajar cara membuat mobile game secara online, tanpa harus datang ke Bandung seperti tahun lalu.

Pendaftaran untuk online camp bisa diakses melalui http://bit.ly/onlinecampmgdw4 dimulai sejak 1 hingga 24 Juni 2004. Online Camp akan digelar dalam 3 batch, yakni 11-23 Juni 2012, 18-23 Juni 2012, dan 25 Juni hingga 7 Juli 2012. Masing-masing batch akan digelar menggunakan Skype dan diskusi dalam forum.

Disediakan template
Keunikan MGDV 4 Rookie yang lainnya adalah panitia telah menyiapkan template yang bisa digunakan peserta untuk dikreasikan. Terdapat 6 template dasar yakni Space Invader, Chip Challenge, Minesweeper, Hang Man, Visual Novel, dan Tower Defense. Juga terdapat 5 template advance yang bisa digunakan peserta yang sudah lebih terbiasa membangun mobile game.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com