Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WiFi Gratis untuk Pengguna Telkomsel BlackBerry dan Flash

Kompas.com - 07/06/2012, 15:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan pelanggan untuk terkoneksi dengan internet semakin besar. Untuk terhubung ke internet pun, pengguna ponsel tak ingin direpotkan dengan masalah koneksi yang lambat. Agar tak lambat yang diperlukan adalah akses internet via WiFi.

Telkomsel bekerja sama dengan Telkom menghadirkan mobile WiFi Seamless yang merupakan solusi perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke WiFi secara otomatis (auto connect) tanpa login.

Layanan ini memang masih dalam masa percobaan dan baru bisa dipakai di 6.000 titik hotspot dengan nama Flashzone maupun Flashzone-seamless. Untuk sementara, layanan WiFi gratis ini akan bisa digunakan selama 2 jam pertama saja.

"Saat jaringan 2G/3G lemot, kita bisa langsung pindah ke jaringan WiFi secara otomatis tanpa login. Ini penting khususnya saat sedang mengakses data besar di ponsel," kata Vice President Product Marketing Group Telkomsel Ririn Widaryani saat peluncuran Mobile WiFi Seamless di booth Telkomsel di Indonesia Cellular Show Jakarta Convention Center, Kamis (7/6/2012).

Perpindahan otomatis ke jaringan WiFi ini akan sangat berguna bila jaringan 2G/3G sedang lambat. Meski dengan syarat, di sekitarnya harus tersedia jaringan WiFi.

Solusi Mobile Wifi Seamless yang dapat menghubungkan jaringan 2G/3G dengan WiFi juga berfungsi sebagai jaringan seluler tambahan.

Mobile WiFi Seamless merupakan bentuk lain akses data ke jaringan mobile Telkomsel pada Node-b atau Base Transceiver Station (BTS).

"Akses ke WiFi milik Telkom ini bisa digunakan oleh semua perangkat Android, BlackBerry maupun iOS secara otomatis tanpa login (memasukkan username maupun password)," tambahnya.

Head of Broadband Product Marketing Division Telkomsel, Riny Novitriyanti menambahkan akses WiFi ini bisa langsung digunakan oleh pelanggan Telkomsel atau Telkom Group yang telah berlangganan paket Telkomsel Flash dan menggunakan perangkat yang mendukung teknologi EAP-SIM.

"Bagi yang sudah menggunakan paket internet baik Flash atau paket internet BlackBerry atau paket internet Telkomsel, akses WiFi ini gratis. Bila tidak, maka akan dikenakan tarif internet biasa yaitu tarif per Kb," tambahnya.

Telkomsel memiliki 3 macam trial layanan mobile WiFi seamless ini, yaitu layanan WiFi untuk pelanggan reguler (untuk retail), layanan untuk korporasi dan layanan untuk inbound roamer (orang asing yang berkunjung ke Indonesia) khususnya pelanggan Singapore Telecom (Singtel).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com