Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PopCap Siapkan 'Plants vs Zombies' Versi Indonesia?

Kompas.com - 08/06/2012, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang casual game ternama PopCap mengindikasikan hadirnya Plants vs Zombies (PvZ) untuk Indonesia.

Evan Spytma, Regional Director PopCap untuk wilayah Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru menyampaikan hal itu saat berbincang dalam
segmen Coffee Chat di Startup Asia Jakarta.

Memang Spytma tidak mengungkapkan secara pasti apakah hal itu berarti akan ada PvZ versi Indonesia. "Yang bisa saya katakan hanya, di tahun
ini akan ada versi yang diperbaiki untuk Indonesia," ujarnya.

Di China, PopCap telah menghadirkan PvZ versi Great Wall, yang memiliki konten dan lokalisasi khas China.

Menurut Spytma, proses melokalkan game mereka tidak selalu berarti mengubahnya sama sekali menjadi versi khusus negara tertentu.

"Kami ingin pemain mendapatkan pengalaman yang PopCap banget. Bahkan itu bukan berarti menerjemahkan saja," katanya.

Namun ia mengakui bahwa saat masuk ke sebuah negara dengan sungguh-sungguh, PopCap akan melihat apakah ada referensi kultural yang bisa diterapkan dalam game.

PopCap juga nampaknya akan serius menunjukkan kehadirannya di Indonesia. Misalnya, Spytma mengindikasikan kemungkinan hadirnya merchandise PvZ di Tanah Air.

Langkah tersebut serupa dengan yang dilakukan Rovio dengan melisensikan Angry Birds ke berbagai produk di Indonesia, mulai dari pakaian, alat tulis hingga cinderamata lain.

PvZ adalah game casual yang menampilkan serangan para zombie ke sebuah rumah. Pemain berperan sebagai pemilik rumah yang menempatkan tanaman anti zombie di halaman.

Karakter tanaman kacang polong Pea Shooter dari PvZ telah menjadi salah satu karakter yang cukup dikenal. Meskipun mungkin popularitasnya di Indonesia belum seperti Angry Birds.

Startup Asia Jakarta 2012 merupakan ajang konferensi untuk startup digelar oleh TechinAsia di Jakarta, pada 7 dan 8 Juni 2012 bertempat di Annex Building komplek Wisma Nusantara, seputar Bundaran Hotel Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com