"Kaskus adalah Bayi Sekaligus Pacar Saya"

Kompas.com - 09/06/2012, 13:35 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri sekaligus Chief Technology Officer Kaskus, Andrew Darwis, menganggap Kaskus adalah bayi sekaligus pacarnya. Di usianya yang ke-32, Andrew mengaku saat ini sedang jomblo.

"Kaskus adalah bayi sekaligus pacar saya," kata Andrew saat bincang-bincang di acara Startup Asia Jakarta, di Annex Building Jakarta, Jumat (8/6/2012). Peserta seminar seraya tertawa dan bertepuk tangan untuk Andrew.

Ketika memiliki pacar, Andrew mengaku kerap bertengkar lantaran ia lebih memilih mengurus Kaskus ketimbang pacarnya. "Di Kaskus saya memang bertanggung jawab atas server dan segala hal yang berhubungan dengan teknis," katanya. "Mungkin saya akan cari pacar lagi kalau Kaskus sudah stabil."

Ketika sesi tanya jawab dibuka, seorang peserta dari Singapura bertanya kepada Andrew, "Hal apa yang paling Anda khawatirkan?"

"Saya takut kalau server Kaskus down," jawab Andrew. Peserta pun kembali tertawa dan bertepuk tangan untuk Andrew.

Wajar saja jika Andrew begitu sayang dengan Kaskus. Cikal-bakal situs web komunitas online terbesar di Indonesia ini memang buah karya dari kode-kode pemrograman yang ia susun sendiri ketika masih kuliah di Seattle, Amerika Serikat, pada 1999 silam.

Kaskus resmi menjadi perusahaan pada 2008, dipimpin oleh CEO Ken Dean Lawadinata. Kemudian pada akhir 2011, Kaskus mendapat investasi dari Global Digital Prima yang merupakan anak perusahaan dari perusahaan rokok Djarum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.