Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hackathon di Startup Asia Lahirkan 3 Pemenang

Kompas.com - 09/06/2012, 14:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Startup Asia Jakarta digelar pula kompetisi pemrograman 24 jam alias Hackathon. Kompetisi ini melombakan aplikasi untuk platform Android.

Menurut Firman Nugraha, penyelenggara Hackathon di Startup Asia Jakarta, ada sekitar 250 peserta yang mendaftar di acara tersebut. Hasilnya, ada 32 aplikasi yang diselesaikan.

Tiga pemenang muncul sebagai juara dalam kompetisi tersebut:

  1. D'livery (juara pertama)
  2. Jual Disini (juara kedua)
  3. 123Rider (juara ketiga).

Dari 250 peserta yang mendaftar, sebanyak 200 hadir dalam kompetisi yang digelar di arena Startup Asia Jakarta, 7-8 Juni 2012 di Annex Building.

Dari jumlah yang hadir, tersisa sekitar 131 peserta yang masih aktif hingga akhir kompetisi. "Selebihnya, mungkin tidak kuat dan pulang," tutur Firman.

Selain berlomba membuat aplikasi, para peserta juga mendapatkan materi seputar pengembangan aplikasi di Android.

Tiga aplikasi yang juara Hackathon sempat dipresentasikan pula di hadapan peserta Startup Asia, yang terdiri atas penggiat startup, industri digital dan investor.

Pemenang utama kompetisi mendapatkan uang tunai 200 dollar AS, iPad versi terbaru 16GB WiFi serta Biznet credit dan voucher Rakuten.

Sedangkan untuk juara kedua mendapatkan 150 dollar AS, iPod Touch 8GB serta Biznet credit dan voucher Rakuten. Lalu, juara ketiga mendapatkan 100 dollar AS, iPod Touch 8GB, Biznet credit dan voucher Rakuten.

D'livery merupakan sebuah aplikasi yang digarap tim dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang terdiri dari Ecky Putradi, Raka, Hartono dan Jordan.

Aplikasi tersebut menggunakan sistem berbasis lokasi untuk mencari tempat makan yang bisa mengantarkan makanan ke lokasi pengguna. Ecky mengatakan, mereka membangun aplikasi itu dari nol selama kurang lebih 24 jam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com