Windows Phone Diprediksi Salip iOS, Apa Dasarnya?

Kompas.com - 11/06/2012, 08:16 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Windows Phone memang masih "anak bawang" dalam kancah persaingan bisnis mobile, tetapi platform milik Microsoft ini agaknya menyimpan potensi tersembunyi.

Seperti yang diungkapkan firma analis dan riset pasar International Data Research (IDC) dalam laporan prediksi masa depan yang dirilis hari Rabu (6/6/2012), pangsa pasar Windows Phone diperkirakan bakal melampaui iOS dari Apple pada 2016.

IDC memperkirakan pangsa pasar iOS pada 2016 tidak akan banyak berubah dibanding 2012. Empat tahun ke depan, penguasaan market platform Apple ini justru diprediksi akan turun dari 20,5 persen menjadi  19 persen.

Dalam kurun yang sama, pangsa pasar Windows Mobile akan meningkat dari 5,2 persen menjadi 19,2 persen.

Hal tersebut, menurut analis IDC, bisa terjadi karena Windows Phone berpotensi meraih banyak pengguna di pasar negara berkembang.

Lewat Nokia, salah satu vendor perangkat Windows Phone yang dikenal memiliki pangsa besar di pasar tersebut, wilayah-wilayah berkembang, seperti Asia, Ameria Latin, dan Afrika, akan dibuat lebih condong ke platform bikinan Microsoft itu.

Menurut Ramon Llamas, analis riset senior dari Tim Teknologi dan Tren Telepon Genggam IDC, di  wilayah-wilayah yang konsumennya sensitif terhadap harga, seperti Afrika, perangkat iPhone dari Apple tidak banyak dilirik orang. Di sana, perangkat iOS hanya digunakan oleh kaum elite.

Sebaliknya, Windows Phone tersedia di perangkat-perangkat dari berbagai segmen harga sehingga mampu  menarik lebih banyak konsumen.

"Perangkat Windows Phone entry level mulai diluncurkan. Sementara itu, Apple hanya bisa menurunkan harga iPhone dari generasi sebelumnya yang sudah ketinggalan zaman," ujar Llamas, seperti dikutip dari Wired.

Di Amerika Serikat, popularitas sistem operasi Windows 8 diperkirakan turut mendongkrak angka  adopsi perangkat Windows Phone yang memiliki tampilan antarmuka serupa (Metro). Beberapa provider besar di Negeri Paman Sam tersebut, termasuk AT&T dan Verizon, telah menyatakan dukungannya terhadap Windows Phone.

Adapun posisi pimpinan platform mobile pada 2016 disebut IDC akan tetap dipegang oleh Android dengan  penguasaan sebesar 52,9 persen. Angka tersebut lebih kecil dari 2012 yang mencapai 61 persen.

IDC juga memperkirakan bahwa BlackBerry OS akan tetap memiliki pangsa pasar, yaitu sebesar 6 persen pada 2012 dan 5,9 persen pada 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.