Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SmartGlass, Sinergi Mesin Video Game dan Tablet

Kompas.com - 11/06/2012, 10:26 WIB

KOMPAS.com – Microsoft mengumumkan teknologi untuk menghubungkan mesin video game Xbox 360 miliknya dengan semua media tablet. Teknologi yang disebut SmartGlass tersebut memperluas fungsi perangkat mobile menjadi pendukung dalam game.

SmartGlass diumumkan dalam pameran game internasional E3 di Los Angeles yang digelar minggu lalu. Pada pameran tersebut diperlihatkan contoh aplikasi SmartGlass ketika bermain game. Informasi pelengkap dalam game, seperti posisi pemain dalam dunia permainan dan statistik permainan terlihat di tablet sementara game terlihat di televisi.

Perangkat yang bisa digunakan untuk SmartGlass tidak terbatas pada tablet saja. Penggunanya bisa menggunakan perangkat apapun yang memiliki layar sentuh, misalnya smartphone. Microsoft juga tidak membatasi produk tertentu yang dapat menggunakan teknologi ini.

Selain dapat digunakan dalam game, SmartGlass juga dapat membantu navigasi Internet Explorer pada Xbox 360 yang rencananya akan dirilis pada akhir tahun ini. Selain menggunakan SmartGlass, browser dalam mesin game tersebut dapat dikendalikan oleh perangkat sensor gerakan Kinect yang juga berasal dari Microsoft.

Kegunaan lain dari SmartGlass dapat dinikmati oleh pemirsa televisi. Penonton yang menggunakan layanan film online Xbox 360 dapat menggunakan perangkat mobilenya untuk melihat sesuatu yang menarik.

Contohnya adalah ketika ia menonton film Game of Throne. Ia dapat melihat posisi karakter di layar televisi pada peta dunia Game of Throne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com