SmartGlass, Sinergi Mesin Video Game dan Tablet

Kompas.com - 11/06/2012, 10:26 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com – Microsoft mengumumkan teknologi untuk menghubungkan mesin video game Xbox 360 miliknya dengan semua media tablet. Teknologi yang disebut SmartGlass tersebut memperluas fungsi perangkat mobile menjadi pendukung dalam game.

SmartGlass diumumkan dalam pameran game internasional E3 di Los Angeles yang digelar minggu lalu. Pada pameran tersebut diperlihatkan contoh aplikasi SmartGlass ketika bermain game. Informasi pelengkap dalam game, seperti posisi pemain dalam dunia permainan dan statistik permainan terlihat di tablet sementara game terlihat di televisi.

Perangkat yang bisa digunakan untuk SmartGlass tidak terbatas pada tablet saja. Penggunanya bisa menggunakan perangkat apapun yang memiliki layar sentuh, misalnya smartphone. Microsoft juga tidak membatasi produk tertentu yang dapat menggunakan teknologi ini.

Selain dapat digunakan dalam game, SmartGlass juga dapat membantu navigasi Internet Explorer pada Xbox 360 yang rencananya akan dirilis pada akhir tahun ini. Selain menggunakan SmartGlass, browser dalam mesin game tersebut dapat dikendalikan oleh perangkat sensor gerakan Kinect yang juga berasal dari Microsoft.

Kegunaan lain dari SmartGlass dapat dinikmati oleh pemirsa televisi. Penonton yang menggunakan layanan film online Xbox 360 dapat menggunakan perangkat mobilenya untuk melihat sesuatu yang menarik.

Contohnya adalah ketika ia menonton film Game of Throne. Ia dapat melihat posisi karakter di layar televisi pada peta dunia Game of Throne.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.