Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Retina Display di iPhone 4S Segera Usang

Kompas.com - 11/06/2012, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Teknologi layar Retina Display yang digunakan di iPhone 4 dan iPhone 4s, dan New iPad kerap membuat orang-orang berdecak kagum dengan ketajamannya.

Bagaimana jika ada layar yang bahkan lebih tajam lagi? Japan Display Inc. (JDI) berniat mewujudkan hal tersebut lewat sebuah jenis layar baru.

Layar bikinan perusahaan Jepang ini memiliki tingkat kepadatan pixel sebesar 651 ppi (pixel per inch), dua kali lebih besar dibandingkan tingkat kepadatan retina display pada iPhone 4 yang berada di  angka 326 ppi.

Hasilnya, gambar dan teks yang muncul di layar sangat tajam dan bebas dari efek gerigi atau jaggyness.

Layar berukuran 2,3 inci pun bisa memiliki resolusi sebesar 1280x800.

Saking tajamnya, JDI mengklaim bahwa layar jenis baru tersebut membuat pengguna seolah-olah sedang melihat benda di dunia nyata, bukan di layar suatu perangkat.

JDI menghasilkan layar tersebut dengan memakai kristal cair berukuran sangat kecil yang dibuat melalui teknologi polysilicon TFT. Bahan layar harus dibuat dalam temperatur rendah.

Layar Retina Display disebut-sebut berada pada batas ketajaman yang bisa dilihat oleh mata manusia. Karena itu, membuat tampilan yang lebih tajam lagi tidak akan ada artinya karena pengguna tidak akan  mampu melihat perbedaannya.

Akan tetapi, studi yang dilakukan oleh JDI menunjukkan bahwa pengguna masih bisa melihat perbedaan  ketajaman layar jenis baru ini dibandingkan dengan tampilan resolusi tinggi lainnya.

Informasi lebih detail berikut demonstrasi layar jenis baru ini rencananya akan disampaikan JDI pada Simposium, Seminar, dan Pameran Internasional Society for Information Display 2012 di Boston, Amerika Serikat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com