Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

'Upgrade' Android Ice Cream Sandwich Banyak Bermasalah

Kompas.com - 11/06/2012, 14:07 WIB

Oleh: Firman Nugraha*

Untuk para pengguna gadget berbasis Android baik itu smartphone ataupun tablet pasti ingin gadget-nya menggunakan sistem operasi Android versi terbaru. Namun, sayangnya untuk Android versi Ice Cream Sandwich (Android 4.0) banyak gadget yang bermasalah setelah diperbaharui sistem operasinya ke Android versi tersebut.

Beberapa gadget yang terlihat bermasalah setelah diperbarui ke Android versi Ice Cream Sandwich adalah Samsung Galaxy Note dan Acer Iconia A500.

Beberapa pengguna Samsung Galaxy Note melaporkan bahwa performa baterai Galaxy Note mendadak jadi buruk setelah pembaharuan ke Ice Cream Sandwich.

Saya sendiri punya Acer Iconia A500 setelah diperbaharui ke Ice Cream Sandwich performa keseluruhannya malah menurun yang paling jelas terlihat adalah tabletnya menjadi sering nge-lag (lambat).

Namun begitu, tidak semua gadget menjadi bermasalah setelah diperbaharui ke Ice Cream Sandwich. Rekan saya yang mempunyai tablet Asus Transformer mengatakan bahwa tidak terjadi masalah setelah tabletnya ia perbarui sistem operasinya ke versi Ice Cream Sandwich.

Sepengalaman saya, pembaruan sistem operasi Android ke versi Ice Cream Sandwich adalah yang paling bermasalah. Entah sebetulnya di mana letak permasalahannya yang membuat banyak gadget menjadi bermasalah setelah diperbarui sistem operasi Android-nya.

Untuk menggunakan gadget berbasis Android Ice Cream Sandwich, sepertinya untuk saat ini lebih aman jika membeli gadget yang dari awal sudah resmi terpasang Android Ice Cream Sandwich atau jika tahu cara mengotak-atik gadget berbasis Android bisa dengan cara menggunakan custom ROM yang bertebaran di Internet seperti di forum XDA Developers.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ketika memperbaharui sistem operasi di gadget yang dimiliki ke versi Ice Cream Sandwich cara yang paling mudah adalah dengan mengecek review pembaharuan sistem operasi ke Ice Cream Sandwich di gadget tersebut di Internet.

Jangan langsung terburu-buru memperbarui sistem operasi di gadget berbasis Android yang dimiliki ke versi Ice Cream Sandwich.

*Firman Nugraha adalah co-founder, lead editor, dan writer di situs teknologi Tekno Jurnal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com