Aplikasi Foto Panorama 'Photosynth' Hadir di Windows Phone

Kompas.com - 12/06/2012, 10:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Aplikasi foto panorama Photosynth besutan Microsoft akhirnya tersedia untuk smartphone berbasis Windows Phone, dan bisa diunduh gratis di toko aplikasi Marketplace sejak akhir Mei 2012.

Photosynth memungkinkan pengguna membuat foto panorama 360 derajat yang ciamik.

Pengguna cukup mengambil gambar dengan menggerakan kamera secara berputar. Setiap frame akan terisi oleh foto tunggal. Setelah melakukan roll kamera 360 derajat, maka aplikasi ini secara otomatis menjahit foto-foto tersebut dan menghasilkan panorama 360 derajat.

Arah foto panorama yang dihasilkan Photosynth bisa vertikal maupun horizontal, tidak seperti fitur panorama bawaan di smartphone maupun kamera saku digital, yang kebanyakan hanya bisa horizontal.

Screenshot Photosynth (1)

Pengguna dapat membagikan foto panorama di situs Photosynth, lalu situs jejaring sosial macam Facebook dan Twitter, serta layanan pemetaan Bing Maps dari Microsoft.

Jika Anda penasaran seperti apa foto panorama hasil karya pengguna Photosynth, dapat mengunjungi situs resminya. Unduh plug-in Silverlight sebesar 6MB, agar Anda bisa menikmati foto-foto panorama Photosynth.

Photosynth pertama kali diluncurkan setahun lalu untuk perangkat berbasis iOS. Photosynth menjadi aplikasi foto urutan 23 terbaik di toko aplikasi Apple App Store dengan rating 4,5 bintang, dan telah diunduh sebanyak 6 juta kali.

Aplikasi ini merupakan hasil penelitian Microsoft Labs Live dan University of Washington.

Screenshot Photosynth (2)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.