Seberapa Cepat "Password" Anda Bisa Dibobol?

Kompas.com - 12/06/2012, 12:14 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com Tindak peretasan yang menimpa jutaan pengguna LinkedIn dan eHarmony.com membuat banyak orang sadar pentingnya membuat password yang sukar ditebak.

Cara paling mudah untuk meningkatkan password ini adalah dengan menambah jumlah huruf dan angka serta memasukkan simbol khusus atau karakter non-huruf, misalnya @,%,^,&, atau *, terutama yang jarang dipakai. 

Semakin panjang password dan semakin banyak jenis karakternya, para peretas yang berniat tidak baik akan semakin kesulitan membobol akun online seseorang.

Ini karena alfabet latin hanya memiliki 26 karakter, sementara sebuah keyboard standar memiliki 95 huruf dan simbol yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kombinasi yang sulit.

Seberapa sulitkah menebak password yang mengandung karakter khusus?

Berikut adalah jumlah kemungkinan kombinasi dari password sepanjang enam dan sepuluh karakter (termasuk huruf dan angka, tidak termasuk huruf besar dan kecil), diteruskan dengan password enam dan sepuluh karakter yang ditambahi satu simbol khusus.

Angka-angka di bawah diperoleh dari Interactive Brute Force Password Search Space Calculator, seperti dikutip  dari PC World:

Password 6 karakter tanpa simbol khusus: 2,25 miliar kemungkinan kombinasi

  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas password secara online dengan aplikasi web yang mampu membuat seribu tebakan per detik: 3,7 minggu.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas password secara offline dengan komputer server atau desktop  berkinerja tinggi yang mampu membuat seratus miliar tebakan per detik: 0,0224 detik.


Password 10 karakter tanpa simbol khusus: 3,76 kuadriliun (3,76 juta miliar) kemungkinan kombinasi

  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas password secara online dengan aplikasi web yang mampu membuat seribu tebakan per detik: 3,7 minggu.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk meretas password secara offline dengan komputer server atau desktop  berkinerja tinggi yang mampu membuat seratus miliar tebakan per detik: 10,45 jam.

Tambahan satu simbol saja akan menambah jumlah-jumlah kemungkinan di atas berkali-kali lipat:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.