Twitter Kenalkan Promosi via Halaman Hashtag

Kompas.com - 12/06/2012, 13:05 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Twitter merilis iklan televisi perdananya pada 10 Juni 2012. Dalam iklan tersebut, Twitter ingin mempromosikan bisnis barunya, yakni halaman hashtag (tagar).

Iklan berdurasi 16 detik itu, memperlihatkan bagaimana kerjasama Twitter dengan Nascar, sebuah kejuaraan balap mobil di Amerika Serikat.

Model iklannya adalah pebalap mobil Brad Keselowski, yang memegang iPhone untuk mempromosikan hashtag Nascar, lalu muncul teks: "See what he sees" (Melihat apa yang dia lihat). Di akhir iklan, tercantum alamat hashtag Nascar: Twitter.com/#NASCAR.

Ketika halaman dikunjungi, jelas terlihat bahwa itu bukanlah halaman profil. Ya, ini adalah halaman hashtag. Tampilannya terlihat lebih semarak, ada logo Nascar di sisi kanan atas, dan sederet foto dari kicauan yang menggunakan hashtag Nascar.

Kicauan-kicauan yang muncul di timeline merupakan kumpulan dari orang-orang yang membicarakan Nascar. Harapannya, orang yang tidak menonton balap Nascar di arena, tetap bisa memantau dengan mengakses halaman Nascar.

Screenshot halaman hashtag Nascar di Twitter

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nascar saat ini sedang berjuang menarik perhatian pebalap muda agar ikut ikut balapan, serta sedang mengalami krisis sponsor. Kerjasama dengan Twitter bisa jadi merupakan upaya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Belakangan ini, perusahaan yang beriklan memang tak pernah lupa mencantumkan akun Twitter maupun hashtag produk mereka. Melihat potensi tersebut, Twitter membuka layanan promoted account (akun yang dipromosikan), promoted tweets (kicauan yang dipromosikan), dan yang terbaru adalah halaman hashtag.

Jika 2011 lalu situs mikroblog 140 karakter ini terkesan malu-malu untuk berjualan iklan, maka tahun ini Twitter mulai agresif dan bersiap untuk meraup banyak laba.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.